Wednesday, May 13, 2015

Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat

Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat
Kanker dapat diobati dengan beberapa tumbuhan herbal di antaranya adalah temulawak. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian.
Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat
Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat

Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat
Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat

Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat
Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat


Tumbuhan obat, temulawak
Temulawak atau curcuma xanthorhiza merupakan bagian dari family Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama koneng gede di daerah Jawa Barat, temolobak di daerah Jawa Tengah dan tetemulawak di daerah Sumatera. Bagian dari tanaman ini yang digunakan sebagai obat adalah umbi akar atau sering disebut sebagai rimpang. Tanaman obat ini memiliki akar yang terdiri dari umbi akar yang berbentuk telur atau berbentuk silinder dengan pusat yang berwarna kuning tua sedangkan kulitnya berwarna kuning muda. Ketika umbi akar dibelah aroma khas tanaman ini akan keluar dan bila dimakan akan terasa pahit.
Rimpang pada temulawak memiliki kandungan curcumin dan monodesmetoksi curcumin. Sedangkan kandungan minyak asiri pada temulawak terdiri dari 1-skilisopren mycen, b-curcumen, zanthorrhizo, germacron, felendren, sabinen, sineol, bornel, zingiberin, tumeron, atlanton, dan artumeron. Khasiat utama tanaman obat ini adalah sebagai hepatoprotektor atau mencegah penyakit pada hati dan juga menambah nafsu makan. Selain itu tumbuhan obat ini bersifat sebagai perangsang keluarga cairan empedu, menurunkan kadar kolsterol, menurunkan panas atau antiperik dan juga anti bakteri.
Khasiat temulawak bagi para penderita kanker
Kandungan curcumin dalam rimpang temulawak ini berkhasiat sebagai antioksidan, anti inflamsi, dan juga anti tumor. Selain itu tumbuhan obat ini juga berkhasiat sebagi penghilang rasa nyeri dan sakit yang diakibatkan oleh kanker. Ekstrak rimpng temulawak berguna untuk mencegah penyakit hati termasuk juga hepatitis B yang menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kanker hati.
Ada ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati kanker dengan rimpang temulawak. Bahan-bahannya adalah 10 gram daun sambilito kering, 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram rimpang temu putih, 10 gram rimpang temy mangga, 10 gram ciplukan kering (seluruh bagian tanaman), 10 gram mineran (seluruh bagian tanaman). Cara membuat adalah cuci bersih temulawak, kunyit, temu putih, dan temu mangga lalu parut halus. Campur hasil parutan dengan ciplukan, miran dan daun sambiloto. Rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rimpang Tumbuhan Temulawak yang Berkhasiat

0 comments:

Post a Comment