Tuesday, March 10, 2015

Daun sirih sebagai obat tradisional yang sangat mujarab



Daun sirih sebagai obat tradisional yang sangat mujarab
Sirih merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah sirih.
Daun sirih
Daun sirih

Daun sirih
Daun sirih

Daun sirih
Daun sirih

Daun sirih
Daun sirih
 
Piper betle atau di Indonesia sirih merupakan family dari piperacea yang berasal dari Hindia Barat. Sirih termasuk jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini panjangnya mampu mencapai puluhan meter. Bentuk daunnya pipih menyerupai jaguung dan tangkainya panjang. Permukaan daun bewarna hijau dan licin sedangkan batangnya berwarna tembelek dengan permukaan kulit yang kasar serta berkerut-kerut. Daun sirih di sampaing untuk keperluan ramuan obat-obat sering juga digunakan untuk perlengkapan nginang. Biasanya kelengkapan untuk nginang tersebut adalah daun sirih, kapur sirih, pinang, gambir, dan kapulaga.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi produksi ASI yang berbelihan dengan menggunakan 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya. Daun sirih kemudian diolesi minyak kelapa lalu dipanggang dengan api kemudian dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada. Untuk keputihan gunakan 7 hingga 10 lembar daun sirih kemudian direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Air rebuan daun sirih tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh seputar kemaluan secara berulang-ulang.
Untuk penyembuhan alergi dunakan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1.5 sendok minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus kemudian dioleskan pada bagian badan yang gatal-gatal. Untuk menyembuhkan diare dapat menggunkan 4 hingga 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus dan digosokkan pada bagian perut, digosokkan pada bagian perut. Menghentikan pendarah gusi dapat menggunkaan 4 lembar daun sirih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulangi secara teratur sampai sembuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daun sirih sebagai obat tradisional yang sangat mujarab

0 comments:

Post a Comment