Tuesday, March 10, 2015

Segarnya Air Kelapa, bukan sekedar melapas dahaga namun juga menyehatkan



Segarnya Air  Kelapa, bukan sekedar melapas dahaga namun juga menyehatkan
Kelapa merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah kelapa.
Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa Muda
 
Cocos nicifera atau di Indonesia dikenal dengan kelapa merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropika. Kelapa termasuk jenis palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang dan dapat mencapai ketinggian 10-14 meter lebih. Daunnya berpelepah panjangnya mencapai 2-3 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Bunganya dalam bahasa daerah disebut sebagai manggar. Buahnya terbungkus oleh serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus diikuti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2 hingga 10 buah kelapa setiap tangkainya.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk keracunan dapat gunakan 1 buah kelapa hijau lalu dilubangi ujungnya kemudian minum airnya hingga abis. Sakit panas dalam penyembuhannya dapat menggunkan 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi bagian ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya kemudian dimasukkan ke dalam buah kelapa tersebut dan diaduk merata lalu diminum pada siang hari.
Untuk sakit panas gunakan 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu. Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk merata. Untuk orang dewasa minum 2 kali sehari pagi dan sore dan untuk balita cukum2 kali sehari setengah cangkir teh. Demam berdarah dapat gunakan 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir jeruk nipis. Buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas dan dimasukkan ke dalam buah kelapa lalu diaduk sampai merata dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk influenza dapat gunakan seperempat butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar  ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya dan diminum 1 kali sehari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Segarnya Air Kelapa, bukan sekedar melapas dahaga namun juga menyehatkan

0 comments:

Post a Comment