Tuesday, March 10, 2015

Ubi Kayu alias ketela pohon alias singkong (Monihot esculenta ), makanan tradisional dengan segudang manfaat

Ubi Kayu alias ketela pohon alias singkong  (Monihot esculenta ), makanan tradisional dengan segudang manfaat 
Ubi kayu merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah ubi kayu.
 
Ubi Kayu
Ubi Kayu

Ubi Kayu
Ubi Kayu

Ubi Kayu
Ubi Kayu

Ubi Kayu
Ubi Kayu

Monihot esculenta yang di Indonesia dikenal sebagai ubi kayu dan merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropika lebih tepatnya brazillia. Ubi kayu termasuk tumbuhan berbatang pohon lunak atau getas. Ubi kayu berbatang bulat dan bergerigi yang terjadi dari bekas pangkal tangkai daun bagian tengahnya bergabus dan termasuk tumbuhan yang cukup tinggi. Ubi kayu bisa mencapai ketinggian 1 hingga 4 meter. Pemeliharaan mudah dan juga produktif. Ubi kayu dapat tumbuh subur di daerah yang berketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Daun ubi kayu memiliki tangkai panjang dan helaian daunnya mempunyai telapak tangan, dan setiap tangkai mempunyai daun sekitar 3 hingga 8 lembar. Tangkai daun tersebut berwarna kuning, hijau, dan juga merah.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk penderita reumatik dapat menggunakan 5 lembar dun ubi kayu, seperempat sendok kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus kemudian digunkan sebagai bedak pada bagian yang sakit. Untuk menurunkan demam dapat menggunakan 1 potong batang pohon ubi kayu kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Dapat diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.
Untuk sakit kepala gunakan 3 lembar daun ubi kayu lalu ditumbuk halus dan dipergunakan untuk kompres. Menyembuhkan diare gunakan 7 lembar daun ubi kayu kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Jika bayi yang masih menyusui terkena diare maka ibunya yang meninum. Menambah nafsu makan dapat menggunakan daun ubi kayu secukupnya kemudian direbus dan diberi bumbu garam dan bawang putih secukupnya dan dimakan bersama nasi dan sambal tomat. Luka baru yang terkena benda panas dapat gunakan 1 potong buah ubi kayu kemudian diparut dan diperas untuk diambil airnya dan dibiarkan beberapa saat sampai tepung mengendap. Tepung dioleskan pada bagian tubuh yang luka.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ubi Kayu alias ketela pohon alias singkong (Monihot esculenta ), makanan tradisional dengan segudang manfaat

0 comments:

Post a Comment