Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Jambu Monyet alias jambu mede bagi kesehatan



Manfaat Jambu Monyet alias jambu mede bagi kesehatan
Jambu monyet merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah jambu monyet.
Jambu Monyet
Jambu Monyet

Jambu Monyet
Jambu Monyet

Jambu Monyet
Jambu Monyet
 
Anacardium occidentale atau lebih dikenal dengan jambu monyet merupakan family dari anacardiaceae yang berasal dari India Barat. Jambu monyet termasuk tumbuhan berkeping dua atau juga sering disebut sebagai tumbuhan berbiji belah. Nama yang tepat untuk mengklasifikasikan tumbuhan ini adalah tumbuhan yang berdaun lembaga dua atau yang disebut juga dengan dikotil. Jambu monyet dapat mencapai ketinggian 9 hingga 12 meter, memiliki batang yang bercabang dan beranting. Selain dapat tumbuh di daerah kerimg atau panas jambu ini juga dapat tumbuh subur di daerah yang mempunyai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Jambu monyet mempunyai batang pohon yang tidak rata dan berwarna coklat tua.
Daunnya bertangkai pendek dan berbentuk lonjong dengan tepian berlekuk-lekuk dan guratan rangka daunnya terlihat jelas. Bunganya berwarna putih, bagian buahnya yang membesar, berdaging lunak, berair dan berwarna kuning kemerah-merahan adalah buah semu. Bagian itu bukan buah yang sebenarnya tetapi merupakan tangkai bauh yang membesar. Buah jambu monyet yang sebenarnya biasa disebut dengan mete yaitu buah yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan bijinya yang berkeping dua tersebut terbungkus oleh kulit yang mengandung getah
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Bagi penderita diabetes mellitus dapat menggunakan 2 potong kulit batang jambu moyet dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk mengobati disentri dapat menggunakan 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batangnya. Direbus bersama 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk radang mulut gunakan 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batangnya. Direbus bersama 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jambu Monyet alias jambu mede bagi kesehatan

1 comments: