Tuesday, March 10, 2015

Enau Alias Aren Pohon yang Dibenci Namun Bermanfaat



Enau Alias Aren  Pohon yang Dibenci Namun Bermanfaat
Pohon Enau atau aren merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah enau atau aren.
Pohon Enau atau aren
Pohon Enau atau aren

Pohon Enau atau aren
Pohon Enau atau aren

Pohon Enau atau aren
Pohon Enau atau aren

Pohon Enau atau aren
Pohon Enau atau aren

Arenga pinnata atau dalam bahasa Indonesia adalah enau yang merupakan tumbuhan asli dari Indonesia merupakan tumbuhan yang berjenis palma, berkakar kuat dan menjalar ke mana-mana. Enau mempunyai banyak manfaat bagi manusia antara lain dari kelopak bunga jantan dapat menghasilakan nira sebagai bahan untuk gula aren, buahnya dapat dibuat kolang-kaling untuk campuran minuman, dan ijuknya untuk resapan air, kesed, dan sapu.
Enau yang sudah bersedian 15 hingga 20 tahun dapat menghasilkan nira sebanyak 8 liter tiap hari dan bila dimasak dapat menghasilkan 1 setengah kilogram gula aren. Satu tangkai manggar dapat menghasilkan 25 hingga 35 kilogram kolang-kaling. Namun pada umumnya pohon enau tidak disukai para petani sebab akarnya menjalar ke mana-mana dan dapat merusak tanaman di sekitarnya. Enau biasnaya tumbuh dan berkembang biak di hutan-hutan
Komposisi kandungan kimia
Gula yang dibuat dari nira enau ini belum diketahui secara pasti kandungan kimianya yang di dalamnya, karena sampai saat ini belum dilakukan suatu penelitian ilmiah. Namun tentang khasiat dari pengobatan tradisional gula aren sering menjadi pilihan utama.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Jika demam dapat menggunkan 1 gelas air hangat dan 1 potong gula aren lalu dicampur dan diaduk sampai merata kemudian dimunum biasa. Sakit perut dapat menggunakan 1 gelas air hangat, 1 potong gula aren dan asam secukupnya yang telah masak. Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai rata kemudian disaring untuk diambil airnya lalu diminum biasa.
Untuk kesulitan buang air besar gunakan 4 potong akar enau dan 1 batang rumput alang-alang. Kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring lalu diminum biasa. Dan menghilangkan noda-noda hitam di wajah gunakan abu pelepah daun enau. Dengan kain bersih yang dibasahi air hangat berikan abu pelepah daun enau lalu gosok bagian wajah yang bernoda hitam. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Enau Alias Aren Pohon yang Dibenci Namun Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment