Tuesday, March 10, 2015

Daun Ngokilo yang Sangat Berkhasiat bagi Kesehatan



Daun Ngokilo yang Sangat Berkhasiat
Daun ngokilo merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah daun ngokilo.
Daun Ngokilo  atau Daun Sembung
Daun Ngokilo  atau Daun Sembung



Daun Ngokilo  atau Daun Sembung
Daun Ngokilo  atau Daun Sembung

Daun Ngokilo  atau Daun Sembung
Daun Ngokilo  atau Daun Sembung
Stachytarpheta mutabilis yang di pulau Jawa lebih dikenal dengan ngokilo merupakan tumbuhan yang berasal dari China. Ngokilo adalah suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas lalu mempunyai rumput berbatang tegak. Di Jawa tanaman ini banyak terdapat di pedesaan yang tumbuh sebagai semak. Batang pohonnya berdiameter antara 0,2 hingga 0,7 cm. Kulit luar berwarna ungu dengan bintik-bintik hijau dan apabila menjadi tua berubah menjadi coklat. Daun ngikilo berbentuk bulat telur, pada tepinya bergerigi dengan jarak agak jarang, berbulu halus hampir tak kelihatan. Panjang helaian daun berkisar 5 hingga 8 cm dan lebar daun kira-kira 2 hingga 5 cm. Tumbuhan ini mudah berkembang biak pada tanah subur, agak terlindungi dan di tempat terbuka.

Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk tumor gunakan 3 lembar daun ngokilo mentah dan segar. Dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur namun dengan pantangan ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alcohol dan tape, limun, dan vitzin. Untuk sakit kuning dapat menggunakan 3 lembar daun ngokilo mentah dan yang masih segar kemudian dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur dengan pantangan makanan yang mengandung lemak.
Untuk ambeien atau wasir gunakan 3 lembar daun ngokilo mentah dan yang masih segar. Kemudian dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur dengan pantangan daging kambing dan makanan atau masakan yang pedas. Penderita koresterol tinggi gunakan 3 lembar daun ngokilo mentah dan masih segar, kemudian makan sebagai lalapan setiap hari dan lakukan secara teratur. Makanan pantangannya adalah makanan yang mengandung lemak. Untuk pengobatan luar seperti terkena bisa ular dan semut hitam gunakan 1 lembar daun ngokilo mentah dan masih segar kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Lakukan 2 kali setelah berselang dua jam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daun Ngokilo yang Sangat Berkhasiat bagi Kesehatan

1 comments:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    ReplyDelete