Tuesday, March 10, 2015

Buah Belimbing Manis yang Berkhasiat Obat



Buah Belimbing Manis yang Berkhasiat
Belimbing manis merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah belimbing manis .
Belimbing manis
Belimbing manis

Belimbing manis
Belimbing manis

Belimbing manis
Belimbing manis

Belimbing manis
Belimbing manis
 
Averhoa carambola atau sering disebut dengan belimbing manis merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Belimbing dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu belimbing manis dan belimbing wuluh yang masing-masing berbeda daerah asalnya. Dalam khidupan sehari-hari yang disebut dengan belimbing biasanya adalah belimbing manis. Cirri khas dari buah belimbing manis adalah bentuknya yang memanjang dengan tepi bergeligir lima rusuk. Buah ini akan berwarna hijau jika masih muda dan akan berubah kekuningan bila sudah tua. Buah belimbing mengandung 90% air. Belimbing manis biasanya dipelihara di pekarangan rumah dan berubah hampir sepanjang tahun. Belimbing manis dapat tuumbuh subur di daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 500 meter dari permukaan laut. Belimbing manis mempunyai batang keras dan dapat mencapai ketinggian pohon 10 meter lebih. Pada usia sekitar 2 atau 3 tahun belimbing manis biasanya sudah mulai berbuah. Bunganya berwarna dominan merah dengan hiasan putih dan bentuknya beruntai kecil-kecil. Sedang tempat munculnya bunga tidak saja menggantung pada ranting dahan pohon tetapi kadang-kadang juga muncul pada batang pohon. Belimbing dapat berkembang biak terutama pada tanah yang subur dan cukup matahari.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Bagi penderita diabetes mellitus dan juga kolesterol dapat menggunakan 2 buah belimbing manis yang sudah masak lalu dimakan setiap pagi dan juga sore hari dan diulangi hingga sembuh. Untuk penderita hipertensi dapat meggunakan 2 buah belimbing manis yang masih hijau atau masih muda kemudian diparut dan diperas untuk diambil airnya lalu diminum setiap pagi. Selain itu untuk penderita hipertensi dapat menggunakan 1 genggam daun belimbing manis, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan setengah sendok makan madu. Daun belimbing manis ditmbuk halus dan diperas airnya sebanyak 1 sendok makan kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata dan disaring. Diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari pagi dan juga sore.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Buah Belimbing Manis yang Berkhasiat Obat

0 comments:

Post a Comment