Tuesday, March 10, 2015

Biji Jagung Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda



Biji Jagung Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda
Biji jagung merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah biji jagung.
Jagung
Jagung

Jagung
Jagung

Jagung
Jagung
 
Zea mays atau orang Indonesia lebih familiar dengan sebutan jagung, merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah tepatnya Mexico. Jagung dapat tumbuh subur di daerah beriklim subtropics sampai tropis, termasuk jenis rumput-rumputan. Bunga jagung dapat dibedakan menjadi dua yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan berbentuk malai dan terdapat pada ujung batang pohon. Bunga betina berbentuk tongkol dan terdapat di antara  ketiak daun. Bunga betina ini setelah besar berbetuk buah yang disebut seabgai jagung. Buah jagung terbungkus kelobot dan pada ujungnya terdapat semacam rambut atau benang berwarna merah tua kecoklatan. Buah jagung mempunyai banyak pupil biji. Proses pembuahannya terjadi ketika sari bunga jantan jatuh diterpa angin dan ditangkap oleh benang-benang merah yang terdapat pada pucuk tongkol bunga betina, sehingga terjadi penyerbukan atau pembuahan. Di Indonesia jagung banyak ditanam di pulau Madura dan di Timor sebagai bahan makanan pengganti beras.
Komposisi kandungan kimia
Jagung selain banyak mengandung thiamine atau vitamian B1 juga mengandung asam amino lisin, isoleusin, niacin, dan fiboflavin. Biji jagung mengandung 9 hingga 10% protein asam amino, 73% karbohidrat (dalam bentuk pati), gula dan seratan.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk sakit ginjal dapat gunakan 1 genggam jagung, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari. Untuk penderita hipertensi dapat menggunakan 1 genggam rambut jagung, adas pulawaras secukupnya. Bahan tersebut kemudian direbus dengan air 1 liter kemudian disaring untuk diambil airnya lalu diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk mengatasi cacar air gunakan jagung muda lalu jagung muda tersebut diparut. Dipakai untuk bedak atau kompres pada bagian-bagian yang kena cacar air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biji Jagung Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda

0 comments:

Post a Comment