Saturday, March 7, 2015

Wijayakusuma : Kaktus yang Berkhasiat



Wijayakusuma : Kaktus yang Berkhasiat
Wijayakusuma merupakan tumbuhan yang sering di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat telah mulai memanfaatkan alam seperti tumbuhan untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari Jerman, India, China, Australia, dan Indonesia sendiri telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah Wijayakusuma
Wijayakusuma dan seluruh manfaatnya
Epiphyllum anguliger atau di Indonesia lebih dikenal dengan Wijayakusuma  merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropika seperti Venuezuela dan Caribia dan merupakan family dari Cactaceae. Wijayakusuma termasuk jenis kaktus, devisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Jenis kaktus mempunyai sekitar 1.500 jenis atau family. 
Wijayakusuma
Wijayakusuma

Wijayakusuma
Wijayakusuma

Wijayakusuma
Wijayakusuma

Wijayakusuma
Wijayakusuma


Tanaman kaktus dapat tumbuh subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga tanaman Wijayakusuma, bunganya hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah karena semua tergantung dari iklim, kesuburan tanah, dan juga cara pemeliharaan dari wijayakusuma sendiri.
Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditemukan morfologinya tetapi Wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya setelah tumbuhan ini berumur tua. Batang pohon Wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daun pipih, berwarna hijau dengan pemukaan halus dan tidak berduri dan berbeda jika dibandingkan dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun Wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga Wijayakusuma dapat tumbuh baik di tempat yang tidak terlalu panas.
Tumbuhan Wijayakusam mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses. Hingga sekarang belum pernah dilakukan penelitain terhadap komposisi dan kandungan kimia dari tumbuhan ini. Untuk sebuah luka dapat disembuhkan dengan Wijayakusuma, caranya adalah dengan menumbuk 1 helai daun wijayakusuma hingga halus kemudian oleskan pada luka kemudian luka yang telah diolesi dapat dibalut dengan kain kasa atau perban.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wijayakusuma : Kaktus yang Berkhasiat

0 comments:

Post a Comment