Saturday, March 7, 2015

Umbi Bawang Putih yang Bermanfaat



Umbi Bawang Putih yang Bermanfaat
Bawang putih merupakan umbi-umbian yang di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat mulai memanfaatkan kekayaan alam seperti tumbuhan empon-empon untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah bawang putih.
Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

 
Apa itu bawang putih dan khasiatnya
Allium sativum atau bawang putih merupakan tumbuhan umbi-umbian yang berasal dari Asia Tengah dan merupakan family liliaceae. Bawang putih termasuk klasifikasi tumbuhan tema berumbi lapis atau suing yang bersusun. Bawang putih tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30-75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelapah-pelepah daun.
Helaian daun bawang putih mirip pita, berbentuk pipih memenjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang berjumlah banyak. Dan setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (suing) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawnag putih yang semula merupakan tumbuhan daerah daratan tinggi, sekarang di Indonesia beberapa jenis tertentu dapat dibudiyakan di daratan rendah. Bawang putih berkembang baik pada ketinggian tanah berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut.
Dari umbi bawang putih per 100 gram mengandung kadar protein, lemak, hidrat arang, vitamin B1, vitamin C, kalori, posfor, kalium, zat besi, dan air. Selain itu dari beberapa penelitian umbi bawang putih mengandung zat aktif allicin, allin, enzim alinase, germanium, setivine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid. Kemudian juga menggunakan methylallyl trisulfide, sugar regulating factor, antiarthiric factor, anititoksin dan allithiamine. Bawang putih memili khasiat untuk beberapa penyakit seperti hipertensi, sakit kuning, sesak nafas, busung air dan juga insomnia.
Bahan yang dibutuhkan untuk penyakit hipertensi adalah 3 siung bawang putih. Bawang putih ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya lalu kemudian disaring. Diminum secara teratur. Untuk mengatasi sakit kuning, sesak nafas, dan busung air diperlukan 1 umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam. Umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut direbus bersama denga 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai merata kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 2 sendok makan pagi dan sore. Untuk mengatasi insomnia, beberapa suing bawang putih dikupas dan dicuci bersih kemudian dimakan langsung sebelum tidur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Umbi Bawang Putih yang Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment