Wednesday, May 13, 2015

Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya

Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya
Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang berbahaya dan banyak merenggut nyawa. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.
Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya
Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya

Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya
Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya

Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya
Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya


Kanker kulit
Kanker kulit merupakan jenis kanker yang terletak di permukaan kulit hingga mudah dikenali. Sayangnya gejala awal yang timbul pada kanker ini dirasa tidak terlalu mengganggu dan akhirnya penderita sering terlambat melakukan pengobatan. Umumnya penderita berobat setelah terjadinya kerusakan-kerusakan saat stadium lanjut, sehingga sulit diobati karena sudah menyebar. Secara garis besar kanker ini dibagi menjadi dua yakni melanoma maligna yang merupakan kanker kulit paling ganas yang dapat mengekibatkan kematian dan non-melanoma maligna yang timbul akibat permukaan kulit yang terpapar sinar matahari.
Kanker kulit dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, dan semakin lanjut usia seseorang maka akan semakin besar persentase terkena kanker kulit. Umumnya kanker ini menyerang orang yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Orang yang berkulit terang lebih mudah terkena kanker kulit daripada orang yang berkulit gelap. Daerah serangannya bisanya bagian permukaan tubuh yang sering terkena paparan sinar matahari seperti wajah, tangan, dan tungkai bawah.
Ada beberapa faktor resiko yang mempercepat kanker kulit diantaranya adalah,
·         Sinar ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari merupakan faktor utama yang dapat menimbulkan kanker kulit.
·         Bahan kimia tertentu atau sinar x yang berlebihan.
·         Bekas luka bakar atau koreng yang lama tidak tumbuh.
Gejala kanker kulit terdiriu dari berbagai bentuk dan tergantug pada bentuk kelainnya. Kelainan-kelainan yang dapat diindikasikan sebagai kanker kulit sebagai berikut,
·         Benjolan yang cepat membesar. Benjolan pada wajah yang bewarna seperti kulit, permukaan mengilat, tidak terasa sakit atau gatal. Benjolan yang awalnya berukuran kecil makin lama makin besar, terasa kasar dan juga keras.
·         Benjolan yang tidak rata dan mudah berdarah.
·         Tahi lalat yang berrubah warna lebih hitam, gatal di sekitarnya berwarna merah dan mudah berdarah serta di sekitarnya kadang-kadang ditemukan bintik-bintik.
·         Koreng atau borok yang sudah lama tidak sembuh. Jika diraba di pinggiran koreng terasa keras dan mudah berdarah.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya Kanker Kulit dan Indikasinya

0 comments:

Post a Comment