Wednesday, May 13, 2015

Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur

Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur
Salah satu kanker yang berbahaya dan juga banyak diderita masyarakat Indonesia adalah kanker usus besar-dubur. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.

Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur
Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur

Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur
Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur

Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur
Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur

Kanker usus besar-dubur
Kanker usus besar-dubur adalah kanker yang menyerang daerah usus besar hingga dubur. Perkembangan kanker ini sangat lambat sehingga sering diabaikan oleh para penderita. Pada stadium dini sering kali tidak ada keluhan dan tidak ada rasa sakit yangberat. Penderita kanker ini umumnya datang ke dokter setelah timbul rasa sakit yang sangat berlebihan (stadium lanjut) sehingga pengobatan menjadi lebih sulit.
Kemungkinan terkena kanker ini antara pria atau wanita sama besarnya. Di Indonesia sendiri orang yang sering terkena kanker ini adalah mereka yang berusia sekitar 30 tahun dan sekitar 60 tahun. Meskipun demikian kanker ini bisa menyerang seseorang pada usia muda hingga usia lanjut. Persentase terbesar serangan kanker ini adalah daerah rectum sekitar 56,8%, dubur sekitar 3,7%, usus besar sekitar 35, 3%, dan sekum sekitar 4,2%.
Ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kanker usus besar-dubur diantranya adalah,
·         Faktor keturunan termasuk riwayat keluarga yang pernah menderita polip usus.
·         Pernah menderita polip usus.
·         Pernah menderita sakit radang usus.
·         Pernah menderita kanker usus besar.
·         Pernah menderita kanker payudara atau kanker kandungan.
·         Pola makan yang tidak sehat, terutama banyak mengkonsumsi lemak dan daging, tidak meyukai sayuran, banyak mengkonsumsi mekanan yang mengandung bahan pengawet atau pewarna dan sering mengkonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang.
Gejala yang timbul akibat kanker usus besar-dubur ini beraneka ragam tergantung dari stadiumnya.
1.      Gejala stadium dini diantaranya adalah buang air besar yang bercampur dengan darah dan lendir, serta kebiasaan buang air besar yang berubah-ubah seperti kadang terlalu encer atau kadang-kadang sulit buang air besar.
2.      Untuk gejala stadium lanjut adalah,
·         Perut terasa nyeri, kembung dan tegang.
·         Kadang-kadang jika diraba adanya tonjolan pada perut.
·         Nafsu makan menurun.
·         Keluar darah dari dubur.

·         Adanya penyumbatan dari usus-dubur seperti susah buang air besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahayanya Kanker Usus Besar-Dubur

0 comments:

Post a Comment