Thursday, April 23, 2015

Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya

Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya
Untuk mencapai kesehatan pribadi, setiap individu harus memiliki usaha untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan sendiri. Agar dapat hidup dengan sehat dan bugar tentunya harus membiasakan menjalani sebuah pola hidup yang sehat dan membiasakan diri bahwa segala sesuatunya bersih yang dimulai dari hal paling sederhana. Manfaat memiliki tubuh sehat dan bugar antara lain adalah tidak mudah terserang penyakit, berat badan terjaga, tidak mudah lelah, bersemangat, penampilan pun tetap prima.

Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya
Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya

Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya
Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya

Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya
Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya

TB (Tuberculosis) merupakan salah satu dari beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Kesehatan bukan hanya sekedar bugar melainkan ditunjang oleh aktivitas dan pengetahuan yang menyehatkan. Oleh karena itu rajin berolahraga dan menjaga pla hidup sehat merupakan hal yang penting dilakukan. Akan tetapi kita juga patut mengenal dan mencegah penyakit mematikan, salah satunya adalah TB (Tuberculosis).
Apa itu penyakit TB (Tuberculosis)
Penyakit TB (dahulu lebih dikenal dengan TBC) adalah salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Penyakit ini biasanya menyerang paru-paru (TB paru), walaupun pada sepertiganya kasus, organ-organ lain ikut tersedia. Jika diterapi dengan benar tuberculosis yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium tuberculosis yang peka terhadap obat praktis dapat disembuhkan. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahan pertama pada lebih dari setengah kasus.
Mycobacterium tuberculosis (TB) telah menginfensi sepertiga penduduk dunia, menurut WHO sekitar 8 juta penduduk dunia diserang TB dengan kematian 3 juta orang per tahun (WHO, 1993). Di Negara-negara perkembang kematian akibat tuberculosis merupakan 25% dari penyakit yang sebernanya dapat dilakukan pencegahan. Diperkirakan 95% penderita TB berada di Negara-negara perkembang, dengan munculnya epidemic HIV/AIDS di dunia jumlah penderita TB akan terus meningkat. Menurut WHO kematian wanita karena TB lebih banyak dari pada kematian karena kehamilan, persalinan, serta nifas.
Indonesia berada dalam peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita tuberculosis (TB). Setiap tahunnya muncul 500 ribu kasus baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. Tuberculosis disebabkan oleh bakteri bernama mycobacterium tuberculosis. Gejala-gejala penderita TB di antaranya batuk-batuk, sakit dada, nafas pendek, hilang nafsu makan, berat badan turun, demam, kedinginan, dan juga kelelahan. Objek tuberculosis biasanya pada anak-anak dan orang yang sistem kekebalan tuubuhnya lemah. Tranmisi bakteri tuberculosis bisanya melalui inhalasi misalnya penularan dengan dahak penderita TB dan lewat kulit. Beberapa diagnose kasus TB di antarnya tes tuberculin di kulit, indetifikasi bacteria di sputum (dahak) dan rontgen paru-paru.

Beberapa jenis TB yang diketahui adalah sebagai berikut.
·         Tuberculosis paru terkonfirmasi secara bakteriologis dan histologist.
·         Tuberculosis paru tidak terkonfirmasi secara bakteriologis dan histologist.
·         Tuberculosis pada sistem saraf.
·         Tuberculosis pada organ-organ lainnya.
·         Tuberculosis milier.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tuberculosis Salah Satu Penyakit Berbahaya

0 comments:

Post a Comment