Skip to main content

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Mata kedutan sering dihubung-hubungkan oleh mitos-mitos yang berkembang pesat di masyarakat. Mitos-mitos tersebut sering berupa firasat, mulai dari akan menangis atau akan kehilangan hal yang berharga. Namun dalam dunia kesehatan mata kedutan atau yang sering disebut dengan myokymia  bisa disebabkan oleh alergi, stress hingga kafein dalam tubuh seseorang. Mata kedutan jarang menjadi sesuatu yang berbahaya namun tetap tidak boleh disepelekan.

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan


Mata kedutan akibat stress
Stress merupakan penyebab utama mata kedutan dan seseorang secara khas akan mengalami kedutan selama kurang lebih seminggu jika ada sesuatu yang menyusahkan seperti ujian akhir atau hanya kurang tidur. Pada kebanyakan kasus, kedutan akan sembuh dengan sendirinya sesudah situasi stress berakhir namun lebih baik mengurangi stress dalam hidup dengan menggunakan latihan teknik pereda stress seperti meditasi. Banyak studi yang menunjukan jika seseorang melakukan meditasi duduk hening dengan mata terpejam dan mengulangi kata atau mantra secara terus menerus selama 20 menit dalam sehari akan mendapat khasiat mental yang bagus.
Mata kedutan akibat kafein atau alcohol
Beberapa ahli menduga stimulant dalam kafein atau senyawa relaxant dalam alcohol dapat menyebabkan mata kedutan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan hinder gula juga pemanis buatan. Jika tidak bisa meninggalkan kopi untuk sarapan coba batasi hingga 1 cangkir kopi per hari.
Mata kedutan karena defisiensi mineral
Defisiensi magnesium adalah ketidakseimbangan nutrisional paling umum yang menyebabkan mata kedutan. Bila kedutan terus kambuh dan benar-benar mengganggu sebaiknya cek kadar magnesium dengan tes darah. Lebih baik memilih makan kaya magnesium seperti bayam, almond, dan outmale atau suplemen magnesium. Dan ingat sebelum meminum suplemen apa pun konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Mata kedutan akibat mata kering
Mata yang terlalu kering akibat penuaan, lensa kontak, atau obat-obatan tertentu. Solusi yang paling mudah adalah ganti lensa kontak dan periksa efek samping dari obat yang diminum atau dapat meneteskan air mata buatan.
Mata kedutan akibat mata lelah
Penyebab mata lelah sangat bermacam-macam dan penyebab paling umumnya adalah tidak menggunakan kacamata surya (sunglasses) saat matahari bersinar terang. Selain itu juga memandangi layar computer tanpa layar anti glare selama berjam-jam atau pemakaian smartphone atau tablet dalam jangka waktu lama. Untuk mengurangi mata lelah sebaiknya istirahatkan mata selama beberapa menit.
Menggetarkan gigi
Sebagian orang mengencangkan rahang atau menggertarkan gigi ketika tidur. Jika benar merasa menggetarkan gigi lebih baik konsultasi dengan doter gigi tentang bruxing (istilah untuk menggetarkan gigi) dan tanyakan solusinya seperti menggunakan mouth guard di saat malam hari. Untuk mengringankan rasa sakit pijat sendiri rahang dan bagian dalam mulut.



Comments

Popular posts from this blog

Kitolod, Tumbuhan Beracun Untuk Obat Kanker Nasofaring

Kitolod, Tumbuhan Beracun Untuk Obat Kanker Nasofaring Kitolod adalah tumbuhan yang sering dijadikan obat kanker oleh para herbalis. Ramuan dari tanaman obat dapat dikonsumsi jika kanker masih dalam stadium dini. Ramuan diminum secara terus-menerus sedikitnya selama tiga bulan dan jika tidak ada perubahan lebih baik konsultasikan dengan dokter. Ramuan untuk mengobati kanker bisa dimimun setelah menjalankan operasi pengangkatan kanker dan menjalani radiasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah efek samping seperti pusing atau mual. Sementara untuk pasien yang menjalankan kemoterapi, ramuan ini dapat diminum setelah 1 hingga 2 minggu sejak kemoterapi. Ramuan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hingga tua dan mati dan juga menghilangkan rasa nyeri dan keluhan akibat kanker dengan tanaman obat yang dapat digunakan sebagai terapi paliatif. Jika dokter memberikan obat maka ramuan sebaiknya diminum dua jam sebelum atau setelah mengkonsumsi obat dari dokter tersebut.

Wild Yam, Sumber Makanan yang Bermanfaat untuk Obat

Wild Yam, Sumber Makanan yang Bermanfaat untuk Obat Salah satu lagi tumbuhan yang dimanfaatkan untuk membuat ramuan sebagai obat kanker yaitu wild yam atau uwih. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Ramuan dari tanaman obat dapat dikonsumsi jika kanker masih dalam stadium dini. Ramuan diminum secara terus-menerus sedikitnya selama tiga bulan dan jika tidak ada perubahan lebih baik konsultasikan dengan dokter. Ramuan untuk mengobati kanker bisa dimimun setelah menjalankan operasi pengangkatan kanker dan menjalani radiasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah efek samping seperti pusin…

Solusi Gigitan Tengu Pada Anak Laki Laki Anda (By Zaki Permana)

Anda pernah digigit Tengu?

Guatel, panas, sedikit nyeri, dan bentol merah lumayan gede.... itulah sensasinya saat kita digigit Tengu, yang 'ndilalah' selalu menggigit dikawasan tertentu milik laki-laki dan hanya anak laki-laki.
Tahukah anda korelasi antara kasih sayang Bapak terhadap anaknya dalam hal per-Tengu-an ini?

Saya masih ingat puluhan tahun silam saat dipaksa 'ngangkang' dihadapan Bapak karena saya mengeluh 'anu' saya guatel dan perih ditempeli makhluk parasit super kecil berwarna merah itu. Dan kejadian ini tak hanya sekali dua kali, ini seringkali terjadi dan mungkin bisa disebut sebagai rutinitas anak kecil di kampung saya, ga tau deh di daerah lain ada atau tidak... yah mungkin karena saya waktu kecil emang doyan main di tempat-tempat dimana makhluk tersebut kongkow-kongkow.

Makhluk kecil nan ajaib ini, entah bagaimana bisa mendeteksi menyasar bagian 'itu' dengan tepat lagi akurat. Padahal, coba anda bandingkan betapa tubuh man…