Thursday, April 23, 2015

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Mata kedutan sering dihubung-hubungkan oleh mitos-mitos yang berkembang pesat di masyarakat. Mitos-mitos tersebut sering berupa firasat, mulai dari akan menangis atau akan kehilangan hal yang berharga. Namun dalam dunia kesehatan mata kedutan atau yang sering disebut dengan myokymia  bisa disebabkan oleh alergi, stress hingga kafein dalam tubuh seseorang. Mata kedutan jarang menjadi sesuatu yang berbahaya namun tetap tidak boleh disepelekan.

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan

Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan
Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan


Mata kedutan akibat stress
Stress merupakan penyebab utama mata kedutan dan seseorang secara khas akan mengalami kedutan selama kurang lebih seminggu jika ada sesuatu yang menyusahkan seperti ujian akhir atau hanya kurang tidur. Pada kebanyakan kasus, kedutan akan sembuh dengan sendirinya sesudah situasi stress berakhir namun lebih baik mengurangi stress dalam hidup dengan menggunakan latihan teknik pereda stress seperti meditasi. Banyak studi yang menunjukan jika seseorang melakukan meditasi duduk hening dengan mata terpejam dan mengulangi kata atau mantra secara terus menerus selama 20 menit dalam sehari akan mendapat khasiat mental yang bagus.
Mata kedutan akibat kafein atau alcohol
Beberapa ahli menduga stimulant dalam kafein atau senyawa relaxant dalam alcohol dapat menyebabkan mata kedutan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan hinder gula juga pemanis buatan. Jika tidak bisa meninggalkan kopi untuk sarapan coba batasi hingga 1 cangkir kopi per hari.
Mata kedutan karena defisiensi mineral
Defisiensi magnesium adalah ketidakseimbangan nutrisional paling umum yang menyebabkan mata kedutan. Bila kedutan terus kambuh dan benar-benar mengganggu sebaiknya cek kadar magnesium dengan tes darah. Lebih baik memilih makan kaya magnesium seperti bayam, almond, dan outmale atau suplemen magnesium. Dan ingat sebelum meminum suplemen apa pun konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Mata kedutan akibat mata kering
Mata yang terlalu kering akibat penuaan, lensa kontak, atau obat-obatan tertentu. Solusi yang paling mudah adalah ganti lensa kontak dan periksa efek samping dari obat yang diminum atau dapat meneteskan air mata buatan.
Mata kedutan akibat mata lelah
Penyebab mata lelah sangat bermacam-macam dan penyebab paling umumnya adalah tidak menggunakan kacamata surya (sunglasses) saat matahari bersinar terang. Selain itu juga memandangi layar computer tanpa layar anti glare selama berjam-jam atau pemakaian smartphone atau tablet dalam jangka waktu lama. Untuk mengurangi mata lelah sebaiknya istirahatkan mata selama beberapa menit.
Menggetarkan gigi
Sebagian orang mengencangkan rahang atau menggertarkan gigi ketika tidur. Jika benar merasa menggetarkan gigi lebih baik konsultasi dengan doter gigi tentang bruxing (istilah untuk menggetarkan gigi) dan tanyakan solusinya seperti menggunakan mouth guard di saat malam hari. Untuk mengringankan rasa sakit pijat sendiri rahang dan bagian dalam mulut.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sudut Pandang Kesehatan Tentang Mata Kedutan

0 comments:

Post a Comment