Thursday, April 23, 2015

Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar

Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar
Makan secara sadar atau mindful eating merupakan konsep yang berakar dari ajaran Buddhist yang bertujuan menghubungkan secara mendalam dengan pengalaman makan dan menikmati makanan. Mindful eating didasari pemekiran bahwa tak ada cara benar atau cara salah dalam hal yang bersangkutan dengan makan namun tentang apa yang kita makan dan mengapa. Tujuannya adalah untuk makan dengan berdasarkan petunjuk fisik misalnya lapar dari tubuh bukan karena emosi seperti makan karena menyenangkan hati.

Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar
Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar

Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar
Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar

Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar
Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar


Ketika menerapkan mindful eating orang-orang akan makan dalam hening, mengunyah setiap suapan makanan sambil mengeksplorasi rasa, tekstur, aroma secara detail. Para peneliti mengungkapkan bahwa menjalankan mindful eating berkhasiat untuk kesehatan seperti berat badan yang lebih rendah, rasa sejahtera yang lebih besar, dan lebih sedikit symptom atau penyakit makan. Mindful eating atau makan secara intuitif hanya bisa memberikan khasiat jika dimasukkan ke dalam gaya hidup. Ada beberapa cara mudah untuk bisa melakukan mindful eating.
Makan lebih perlahan
Makan secara perlahan tidak berarti harus ekstri, gunakan waktu untuk bisa menikmati makan adalah salah satu hal tersehat yang bisa dilakukan. Berkemungkinan lebih besar mendapatkan rasa kenyang dengan menguyah makanan lebih cermat dan makanan akan lebih mudah dicerna. Kelebihan yang lain adalah mungkin akan mendapatkan citarasa lain yang belum pernah dicicipi sebelumnya.
Matikan dering telephone dan tv
Sebagian besar keluarga makan dengan tv menyala dan volume  tinggi atau salah satu anggota keluarga asik dengan smartphonenya. Maka jadikanlah makan bersama keluarga sebagai arena bebas elektronik.
Perhatikan citarasa
Memperhatikan makanan secara detail merupakan cara terbaik untuk memulai mindful eating seperti memperhatikan rasa asam pada lemon atau rasa garing pada roti pizza. Jika makan sambil jalan atau makan secara cepat dalam waktu 5 menit maka akan sulit merasakan apa yang sedang dimakan apalagi untuk sekedar menikmati semua sensasi makan yang berbeda. Jika ingin mencoba memperkenalkan mindfull eating dalam keluarga sebaiknya pertimbangkan dengan anggota keluarga yang lain terutama dengan anak-anak tentang citarasa dan tekstur makanan. Seperti bertanya pada mereka bagaimana rasa buah avokad atau bagaimana rasa hummus.
Kenali makanan yang dimakan

Mindfull eating benar-benar memikirkan hubungan seseorang dengan makanan. Dari menanam sayur di kebun, bagaimana memanggang roti hingga membeli bahan makanan di pasar. Kendati tidak mengetahui dari mana asal makanan yang telah dimakan namun tetap coba bertanya pada diri sendiri seperti siapa yang menanam tanaman ini? bagaimana cara menanamnya? Darimana asalnya? Bagaimana caranya hingga sampai ke pasar? Dengan kemungkinan seperti itu seseorang pasti akan lebih menghargai makanan tetapi juga kebiasaan-kebiasaan belanja yang juga akan berubah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sehat dan Langsing dengan Makan Secara Sadar

0 comments:

Post a Comment