Thursday, April 23, 2015

Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih

Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih
Mencuci tangan adalah hal yang paling pertama dan paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tubuh manusia terserang suatu penyakit. Kesehatan pribadi sangat erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat. Untuk mencapai kesehatan pribadi, setiap individu harus memiliki usaha untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan sendiri. Betapapun kaya dan susksesnya seseoang bila jatuh sakit tentunya pasti akan merasa sedih sebab orang yang sedang sakit pasti tidak akan bisa beraktivitas dan mencari nafkah. Agar dapat hidup dengan sehat dan bugar tentunya harus membiasakan menjalani sebuah pola hidup yang sehat dan membiasakan diri bahwa segala sesuatunya bersih yang dimulai dari hal paling sederhana. Dengan keadaan tubuh yang sehat, kesehatan jiwa pun akan tetap terjaga. Manfaat memiliki tubuh sehat dan bugar antara lain adalah tidak mudah terserang penyakit, berat badan terjaga, tidak mudah lelah, bersemangat, penampilan pun tetap prima. Sebab salah satu kunci suksesnya hidup adalah merawat tubuh tetap sehat dan bugar.

Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih
Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih

Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih
Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih

Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih
Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih

Mencuci tangan
Tangan telah diyakini menjadi wahana yang penting dalam penularan penyakit, khususnya penyakit yang ditularkan melalui mulut semisal adalah diare. Tangan akan segera dikotori dikotori saat membersihkan diri setelah buang air besar atau memegang kotoran lainnya. Tangan akan bebas dari kuman penyakit apabila mencuci tangan dengan baik dan benar.
Ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia hanya karena kerap lalai untuk mencuci tangan. Penyakit tersebut seperti bisul, jerawat, tifus, leptospirosis, jamur, polio, diare, kolera, cacingan, hepatitis A, SARS hingga flu burung. Penyakit-penyakit tersebut mudah memasuki tubuh lewat tangan yang tercemar kuman, virus, dan parasit. Pemindahan penyakit melalui tangn seperti saat memegang pintu, menekan tombol lift, bersalaman, memegang uang atau barang apa saja.
Menutut penelitian yang perah dilakukan kebiasan mencuci tangan sebelum makan, menyiapkan makanan dan setelah buang air besar di Indonesia sangatlah rendah dan hanya sekitar kurang dari 7 %. Kurangnya pengetahuan tentang akibat dari tidak mencuci tangan menyebabkan masalah kesehatan dalam masyarakat luas. Dengan melakukan penyuluhan intensif melalui seminar di setiap desa, selebaran, atau dengan poster diharapkan masyarakat akan mengerti dan sadar untuk berperilaku hidup bersih dan juga sehat.
Manfaat dari mencuci tangan dengan sabun sesudah buang air besar, sebelum makan, atau sebelum menyiapkan makanan membuktikan bahwa perilaku tersebut merupakan cara yang efektif untuk menurunkan insiden penyakit khususnya diare dan cacingan. Kasus cacingan kerapkali menyerang anak dengan usia 5 hingga 14 tahun ini menghabiskan biaya 33 miliar per tahun. Itu menurut data dari badan kesehatan dunia WHO. Padahal angka kasus diare di Indonesia mencapai 301 per 1000 penduduk dan angka tifus mencapai 300-810 per 1000 penduduk, dn masih banyak kasus penyakit lainnya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pentingnya Mencuci Tangan Hingga Bersih

0 comments:

Post a Comment