Thursday, April 23, 2015

Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh

Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh
Fungsi paling dasar dari olehraga adalah untuk menyegarkan tubuh. Manusia selalu menghendaki hidup yang nyaman, dan banyak yang berfikir bahwa kenyamanan tubuh dapat diperoleh dengan memiliki hidup yang sehat. Dan tubuh yang sehat dihasilkan dari gerak badan atau olahraga. Otot yang kuat, jantung yang sehat, tekanan darah yang normal, kadar gula yang sedang, dan berat badan yang seimbangsudah cukup untuk membuat tubuh yang sehat dan nyaman. Tetapi olehraga yang teratur memberikan kenyamanan yang lebih daripada itu.
Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh
Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh

Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh
Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh

Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh
Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh



Memperlancar peredaran darah
Salah satu penyegaran tubuh melelui olahraga adalah lancarnya peredaran darah. Jika seseorang pernah mengalami kedinginan pada telapak kaki maka peredaran darah dalam tubuh tidak lancar, sebab temperature bagian apapun dalam tubuh tergantung pada peredaran darah yang terdapat pada organ atau jaringan tersebut. Jikalau peredaran darah tidak baik maka tangan dan kaki seantiasa dingin, dan hal ini dapat disiasati dengan olahraga. Manusia mempunyai pembuluh darah atau arteri yang mengedarkan darah diseluruh tubuh, dengan olahraga yang teratur akan membuka pembuluh darah ini hingga diameter yang lebih besar dan membawa darah beserta oksigen yang bertambah banyak. Akibatnya tangan dan juga kaki terasa hangat sebab mendapatkan lebih banyak darah.
Pencernaan yang normal
Sakit perut bukanlah perkara yang menyenangkan dan ternyata olehraga dan gerak badan dapat meringankan gejala ini selain untuk menyegarkan badan tentunya. Walaupun tuidak dapat mengatur otot pencernaan namun seseorang dapat memberikan pengaruh kepadanya melalui kegiatan pada bagian tubuh yang lainnya. Seperti sembelit yang dapat diatasi oleh berjualan kaki, dengan berjalan kaki dapat menolong usus untuk menggerakan sisa makanan secara bersama-sama sehingga menembah kegiatan buang air besar. Ini juga merupakan alasan kenapa seorang pasien yang baru saja melalaui pembedahan dianjurkan untuk bangun dan berjalan sesegera mungkin walau masih terasa sakit. Sedangkan untuk penderita mag sering terbantu dengan melalui program gerak badan yang teratur. Hal ini disebabkan karena gerak badan menolong penderita untuk meredakan ketegangan yang merupakan faktor utama penyebab mag tersebut. Gerak badan menyalurkan kmarahan, frustasi, dan kekhawatiran dalam bentuk yang menguntungkan tubuh.
Sistem kerja tubuh yang seimbang

 Kenyamanan hidup akan lebih terasa bila keselarasan dan keseimbangan dalam kerja tubuh dan ternyata gerak badan atau olahraga banyak memberi pengaruh penting dalam keseimbangan sistem saraf. Selain itu juga mengontrol organ dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, perut juga usus. Sistem saraf ini mengatur ukuran arteri dan juga pembuluh kapilerdan untuk batas tertentu mengatur produksi dari hormone. Ada dua sistem saraf yang dapat diatur, pertama adalah sistem saraf tidak sadar yang umumnya bekerja dibawah pengaruh otak dan susunan saraf simpatis yang merangsang tubuh untuk melakukan gerakkan darurat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Olehraga untuk Menyegarkan Tubuh

0 comments:

Post a Comment