Thursday, April 23, 2015

Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes

Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes
Penyakit diabetes adalah istilah kedokteran yang menggambarkan beberapa macam penyakit yang berbeda. Namun istilah umumnya sering disebut sebgai diabetes gula atau lebih populer dengan sebutan kencing manis. Diabetes gula adalah penyakit yang serius yang bisa terdapat pada masa kanak-kanak akan tetapi umumnya timbul pada usia baya atau usia lebih lanjut. Tanda yang nyata dari diabetes gula ialah tingginya kadar gula pada darah dan air seni. Gejala diabetes meliputi selalu kehausan, selera yang tinggi dan turunnya berat dan air dalam tubuh. Dalam keadaan yang rawan bila penderita tidak segera dirawat ia akan cepat sekali turun berat badannya, menjadi sangat lemah, menjadi koma dan akhirnya meninggal.

Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes
Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes

Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes
Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes


Macam diabetes
·         Diabetes tergantung kepada insulin
Diabetes ini bisa datang kepada segala usia teristimewa orang muda. Tanda yang menonjol ialah sangat bergantungnya kepada suntikan insulin untuk memelihara kondisi tubuh dan kemungkinan untuk mendapat ketosis. Ternyata dari semua diabetes 7% saja yang termasuk dalam diabetes tergantung kepada insulin.
·         Diabetes tidak tergantung pada insulin
Dari semua diabetes, 93% termasuk dalam kategori diabetes yang tidak tergantung pada insulin. Diabetes ini pada umumnya datang kepada mereka yang berusia di atas 40 tahun dan paling sering terjadi bagi mereka yang di atas 55 tahun. 85% dari penderita diabetes ini adalah orang yang kegemukan pada saat diadakan diagnose. Permulaan dari penyakit ini bertahap, gejalanya meliputi kelelahan, seringnya urine di malam hari, selalu haus, dan kehilangan berat badan sebelum diagnose.
Olahraga untuk penderita diabetes
Ada banyak keuntungan olahraga aerobic yang teratur seperti berenang, lari, bersepeda, atau jalan cepat untuk penderita diabetes. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.
·         Pengendalian diabetes diperbaiki. Penelitian menunjukan bahwa olahraga aerobic yang teratur dapat mengurangi kebutuhan insulin 30% hingga 50% penderita diabetes yang bergantung kepada insulin dan 100% penderita diabetes yang tudak bergantung kepada insulin teristimewa bila digambungkan dengan program makanan yang baik dan pengontrolan berat badan. Penelitian baru-baru ini juga menyebutkan bahwa mereka yang berusia 60-an juga memberikan persetujuan kepada kegiatan olahraga dengan menambah pekanya kepada insulin.
·         Pengaruhnya kepada lipid darah dab lipoprotein. Diabetes memberikan resiko yang tinggi untuk penyakit jantung kardiovaskular. Olahraga akan mnegurangi jumlah kolesterol, mengurangi LDL-C, menambah HDL-C dan mengurangi trigliserida dalam darah yang berarti menurangi resiko untuk penyakit jantung kardiovaskular.

·         Mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Telah banyak peneliti menunjukan bagaimana hubungan yang erat antara kurangnya kegiatan tubuh dan penyakit jantung koroner dan hubungannya dengan kematian. Olahraga dengan demikian bukan hanya akan memberi perbaikan dalam penyakit diabetes tetapi juga lebih kurangnya kemungkinan untuk mendapatkan penyakit lain seperti penyakit jantung koroner. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Olahraga Bagi Para Penderita Diabetes

0 comments:

Post a Comment