Thursday, April 23, 2015

Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari

Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari
Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang banyak untuk tumbuh kembang mereka mulai dari anak-anak, remaja , hingga dewasa baik itu perempuan ataupun laki-laki. Nutrisi dalam tubuh manusia berfungsi untuk memperlancar sistem kerjua dari tubuh tersebut jika seseorang tak mempunyai nutrisi yang seimbang maka orang tersebut mudah untuk terkena penyakit sebab daya tahan tubuh juga berkurang. Selama ini para ahli telah mengatakan bahwa nutrisi diperoleh dari sayuran dan juga buah-buahan atau lebih umum nutrisi didapat dari makanan yang dikomsumsi sehari-hari. Namun tak semua makanan mempunyai nutrisi yang banyak dan mampu diterima tubuh dari usia yang belia. Beberapa nutrisi yang bisa diberikan pada usia belia seperti ubi jalar, brokoli, keju, berry, hingga daging sapi.

Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari
Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari

Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari
Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari

Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari
Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari

Ubi jalar
Ubi jalar merupakan sumber nutrisi pertama yang baik untuk tubuh yang sedang berkembang sebab ubi jalar memberikan kabohidrat, potassium, vitamin C, folate, serat, dan senyawa-senyawa lain yang membentuk vitamin A dan memerangi penyakit. Rebus atau kukus atau sekedar dibuat sebagai makanan ringan. Haluskan ubi jalar yang telah direbus dengan air jeruk untuk meningkatkan vitamin C dan folate. Atau iris tipis ubu jalar dan campur dengan minyak canola kemudian panggang, sajikan hangat sebagai pengganti keripik kentang. Ubi jalar mulai dapat diberikan ketika anak sudah mampu memakan makan padat dengan cara puree ubi jalar rebus dengan susu.
Brokoli
Sumber nutrisi selanjutnya adalah brokoli yang baik untuk tubuh yang sedang berkembang sebab brokoli kaya akan karbohidrat yang menghasilkan energy tanpa kalori. Brokoli juga menghasilkan serat, vitamin, dan mineral dalam kesehatan antara lain kalsium, potassium, folate, dan karotenoid. Rasa yang terlalu kuat pada sayuran ini menyebabkan banyak anak yang tidak suka maka campurkanlah brokoli dalam bumbu salad atau jika anak tak suka makan brokoli tanpa rasa coba campurkan dengan sup. Brokoli dapat diberikan kepada bayi berusia 6 bulan dengan cara dipureed.


Keju
Nutrisi selanjutnya ada pada keju, keju baik untuk tubuh yang sedang berkembang sebab merupakan makanan kaya protein, kalsium, dan yang paling penting adalah menarik bagi anak-anak. Keju juga merupakan sumber dari vitamin B12 dan mineral pembangun tulang phosphorus. Keju dapat disajikan dengan berbagai cara seperti menjadi kudapan ringan atau dimakan sebagai dessert. Anak-anak biasanya suka memakan keju jenis plan, cheese and crackers dan juga keju leleh pada roti panggang.
Berry

Berry merupakan salah satu nutrisi sebab kaya akan karbohidrat, potassium, vitamin C, serat dan juga phytochemical pembasmi penyakit (strawberry, blueberry, dan raspberry). Ketiga jenis berry ini termasuk buah yang mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Bayi 8 bulan dapat memakan berry dengan dihaluskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nutrisi Terdapat Pada Makanan Sehari-hari

0 comments:

Post a Comment