Thursday, April 23, 2015

Migraine dan Makanan Penyebabnya

Migraine dan Makanan Penyebabnya
Migraine, biasanya berawal pada daerah mata dan pelipis, kadang disertai mual hingga muntah-muntah. Keutuhan pola hidup manusia berdasarkan keseimbangan tersebut akan membuka rahasia tubuh yang mampu menghadapi lingkungan sekitar. Optimalisasi keterpaduan jaringan tubuh akan lebih mudah tercapai dengan pola makan yang selaras. Merawat tubuh melalui makanan adalah langkah utama untuk membalik proses penuaan dan mencegah terjadinya proses degenerasi. Setelah oksigen, makanan adalah hal yang paling penting, paling berharga, dan alami di dunia ini. Walaupun ini sangat penting tetapi banyak orang yang bingung dan tidak tahu mengenai nutrisi yang tepat bagi mereka terutama ketika tubuh mereka mengalami ganguan.

Migraine dan Makanan Penyebabnya
Migraine dan Makanan Penyebabnya

Migraine dan Makanan Penyebabnya
Migraine dan Makanan Penyebabnya


Ganguan migraine
Migraine merupakan penyakit kepala yang sangat-sangat mengganggu. Sekalipun dapat menyerang seluruh kepala namun gejala paling umum adalah rasa sakit di separuh kepala. Gejalanya biasanya berdeyut-deyut disertai rasa sakit seperti di tusuk-tusuk dan awalnya muncul di sekitar daerah mata atau pelipis di atas ujung alis. Meskipun menurut para ahli tidak semua sakit kepala sebelah berarti migraine. Penderita migrane lebih banyak wanita dengan jumlah mencapai 3 kali lipat penderita pria. Biasanya separuh dari penderita migraine ternyata disebabkan oleh faktor keturunan. Namun belum jelas apakah keluhan migraine ini karena faktor genetic, lingkungan, keluarga, atau karena faktor lain.
Migraine biasanya diderita oleh wanita berusia antara 20 hingga 30 tahun namun kadang migraine juga dapat memnyerang wanita belasan tahun meskipun dengan presentase yang sangat jarang. Bukan bearti juga wanita yang berusia lebih tua bebas dari ancaman pusing kepala sebelah sebab 10 persen di antara para penderita migraine adalah wanita berusia 40an tahun. Uniknya wanita pengidap migraine ini umumnya memiliki stereotype tertentu, yakni wanita yang bertubuh langsing, sangat peduli pada penampilan bahkan cenderung ingin tampil sempurna, perasaan mudah tergugah, berkepribadian komplusif cenderung ambisius, dan haus tantangan. Tipe yang lain adalah kemarahan mudah meledak, sulit mengendalikan emosi baik kemarahan maupun kegembiraan, atau bahkan sangat tertutup dan jika bekerja mereka berambisi suskses di kantor maupun di rumah.
Salah satu pemicu dari sakit kepala sebelah adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Biang kerok yang paling sering menimbulkan migraine adalah lemak, terutama jenis lemak jahat yang mudah rusak karena proses oksidasi seperti pemasakan lama atau dengan menggunakan api besar atau pada suhu tinggi. Belum jelas bagaimana rangkaian sebab akibat lemak jahat dengan migraine, namun diduga radikal bebas yang dihasilkan mencemariu senyawa biokimiawi penyampai pesan saraf dalam serabut otak. Bahan makanan kaya lemak jenuh yang paling dikenal sebagai pemicu migraine adalah gajih (lemak hewan) dan daging berlamak (daging sapi maupun daging ayam). Sumber lain lemak jenuh adalah kulit ayam, susu berlemak, keju, dan juga mentega



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Migraine dan Makanan Penyebabnya

0 comments:

Post a Comment