Thursday, April 23, 2015

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan
Jantung merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat penting dan untuk menjaga kesehatan jantung pastikan memilih makan yang tepat. Makanan adalah hal yang wajib diperlukan oleh seseorang jika ia ingin bertahan hidup dan menambah tenaga untuk beraktivitas. Bahan makanan yang baik untuk tubuh terutama untuk pencernaan banyak di pasaran hanya pintar-pintar untuk memilih mana yang paling bagus dan tepat untuk tubuh diri sendiri. Bahan makanan yang baik seperti umbi-umbian, nasi, buah-buahan dan juga sayur-sayuran mempunyai manfaatnya tersendiri. Makanan tertentu berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, mulai dari menurunkan kolesterol, tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh.

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan
Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan
Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan
Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan


Makanan yang tepat untuk jantung
Makanan yang tepat bagi kesehatan jantung pertama adalah walnut. Makan satu genggam kecil walnut atau 21 keping walnut paruhan sehari dapat menurunkan koresterol dan juga mengurangi inflamasi di dalam arteri jantung. Walnut kaya akan omega 3, lemak tak jenuh tunggal, dan juga serat. Khasiat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi walnut untuk mengganti lemak-lemak jahat yang terdapat di dalam chips dan cookies. Segenggap walnut mengandung sekitar 300 kalori dan minyak walnut juga mengandung omega 3 yang biasanya menjadi bumbu salad.
Makanan kedua untuk kesehatan jantung ialah kacang hitam yang lembut dan empuk kaya akan nutrient jantung sehat antara lain folate, antioksidan, magnesium, dan serat. Nutrient ini mampu mengendalikan kolesterol dan kadar gula darah. Kacang hitam kalengan bisa ditambahkan pada sup dan salad. Namun jangan lupa untuk mimbilas kacang hitam untuk menghilangkan sodium ekstra.
Almond merupakan salah satu makanan bagi kesehatan jantung. Irisan almond cocok ditembakan pada sayur, ikan, ayam, bahkan desert. Menembahkan segenggam ke dalam makanan sudah baik untuk jantung sehat. Almond kaya sterol tumbuhan, serat, dan lemak sehat untuk jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan menurunkan resiko diabetes. Pangganglah almond untuk meningkatkan citarasa lembut dan creamy.
Makanan kesehatan jantung selanjutnya adalah tuna yang merupakan sumber baik dari omega 3 untuk jantung yang sehat. Secara umum tuna lebih mudah dan murah didapat daripada salmon. Tuna putih mengandung lebih banyak omega 3 dibanding dengan jenis tuna lainnya. Ikan lainnya yang juga sumber omega 3 antara lain mackerel, herring, sardine, dan anchovies.
Edamane merupakan makanan kesehatan jantung selanjutnya yang lebih dikenal dengan kedelai hijau ini lebih dari sekedar appetizer lezat di restoran Jepang. Kacang hijau kaya akan protein yang dapat menurunkan kadar trigliserida darah. Setengah cup kacang hijau mengandung 9 gram serat penuh kolesterol yang sama dengan 4 iris roti gandum. Coba makan kacang hijau yang dibekukan kemudian rebus dan sajikan hangat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan

0 comments:

Post a Comment