Thursday, April 23, 2015

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh
Kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia diperlukan bahkan dari seseorang terlahir di dunia ini. Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang banyak untuk tumbuh kembang mereka mulai dari anak-anak, remaja , hingga dewasa baik itu perempuan ataupun laki-laki. Nutrisi dalam tubuh manusia berfungsi untuk memperlancar sistem kerja dari tubuh tersebut, jika seseorang tak mempunyai nutrisi yang seimbang maka orang tersebut mudah untuk terkena penyakit sebab daya tahan tubuh juga berkurang. Selama ini para ahli telah mengatakan bahwa nutrisi diperoleh dari sayuran dan juga buah-buahan atau lebih umum nutrisi didapat dari makanan yang dikomsumsi sehari-hari. Beberapa kebutuhan nutrisi dari makan yang dikonsumsi sehari-hari dapat didapat di padi-padian utuh, yogurt, ikat tuna bahkan hingga telur.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh


Padi-padian utuh
Kebutuhan nutrisi di dalam padi-padian utuh termasuk banyak sebab mengandung serat dan kaya vitamin E yang rendah akan remah. Kulit luar dari padi-padian utuh mengandung banyak nutrient berharga. Maka dari itu roti, serealia, dan produk-produk lain yang berasal dari padi-padian utuh mempertahankan nilai-nilai nutritifnya dan sangat berbeda dengan padi-padian yang dihaluskan seperti roti putih dan serelia sarapan. Studi yang telah banyak dilakukan menunjukan bahwa padi-padian utuh dapat mencegah penyekit kronik tertentu.
Yogurt
Kebutuhan nutrisi juga didapat dari yogurt yang merupakan makan serba guna favorit anak-anak. Yogurt memberikan protein, kabohidrat, vitamin-vitamin B, kalsium pembangun tulang dan phosphorus, dan zinc yang membantu anak yang tidak banyak mengkonsumsi daging. Yogurt juga mengandung kultur hidup aktif yang meningkatkan kesehatan usus dan imunitas. Yogurt sering disajikan dengan memberi irisan buah segar seperti melon atau kismis. Yogurt juga dapat dicampurkan dalam smoothie atau dioleskan pada kentang bakar.
Chickpea atau kacang garbanzo
Chickpea kaya dengan protein, tepung karbohidrat kompleks, dan juga serat. Dan juga merupakan sumber zat besi, magnesium, folate, potassium, dan zinc seperti halnya produk polong-polongan lainnya. Selain itu kidney bean, lentil, atau pun sejenisnya cocok untuk mengganti chickpea. Tambahkan chickpea pada sup, salad, atau pasta. Puree chickpea dengan menggunakan kaldu ayam lalu gunakan sebagai saus untuk pasta dan sayuran hijau. Chickpea juga dapat ditambahkan pada masakan vegetarian.
Ikan tuna
Kebutuhan nutrisi juga didapat dari ikan tuna baik itu segar maupun ikan tuna kalengan. Ikan tuna kalengan mengandung protein, vitamin B12, B6, dan niacin dan juga sedikit zat besi dan zinc. Kandungan lemak dalam tuna sebagian besar adalah lemak jenis omega 3, yang merupakan lemak tak jenuh dengan khasiat khusus dan sering disebut sebagai minyak ikan. Lemak omega 3 meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan resiko penyakit jantung. Ikan lainnya yang mengandung lemak omega 3 adalah salmon dan bluefish yang bahkan kandungan omega 3 melebihi  tuna.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

0 comments:

Post a Comment