Thursday, April 23, 2015

Melindungi Kulit dari Matahari

Melindungi Kulit dari Matahari
Melindungi kulit dari terpaparnya sinar matahari yang sangat menyengat penting untuk dilakukan terlebih lagi paparan tersebut dapat merusak sel-sel dalam kulit. Sinar matahari menimbulkan berbagai masalah kulit dari mencoklatkan, mengeringkan, menyebabkan penuaan dini hingga menderita kanker kulit. Namun ada beberapa cara yang ampuh untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

Melindungi Kulit dari Matahari
Melindungi Kulit dari Matahari

Melindungi Kulit dari Matahari
Melindungi Kulit dari Matahari

Melindungi Kulit dari Matahari
Melindungi Kulit dari Matahari

Oleskan sunscreen sebelum berpakaian
Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari oleskan sunscreen sebelum berpakaian jika dioleskan setelah berpakaian mungkin akan melewatkan beberapa tempat penting. Untuk badan oleskan 1 gelas kecil sunscreen spectrum dengan paling sedikit SPF 30 dan pada bagian wajah sekitar 1 sendok teh. Alasan lain kenapa perlu mengoleskan sunscreen sebelum berpakaian adalah SPF perlu waktu sekitar 20 menit untuk masuk ke dalam kulit sebelum kulit dilindungi secara total dari sinar UV.
Jika ingin melindungi kulit wajah menggunakan SPF pilih formula yang dapat membantu masalah lainnya seperti sensitive atau kulit memerah. Jika kulit memerah atau sensitive pilihlah yang mengandung ingredient anti inflammatory. Jika mempunyai bintik coklat pilihlah yang mengandung soy, niacinamide atau senyawa pencerah lainnya.
Mungkin banyak orang yang melewatkan sunscreen akibat jerawat di wajah padahal jerawat lebih terkait dengan keringat ketimbang produk sunscreen itu sendiri. Lebih baik menggunakan formula water resistant jika tahu akan berkeringat, atau bersihkan wajah dengan wipe sebelum mengoleskan ulang dan sering-sering touch up dengan sunscreen bedak. Langkah lain adalah dapat mengganti ke formula gel yang berkemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan jerawat.
Ketika dioleskan di dekat mata sunscreen benar-benar terasa perih, tetapi tidak ada alasan untuk menghindari area mata sama sekali. Kulit tipis di area mata perlu perlindungan ekstra, gunakan produk yang tidak membuat bagian ini iritasi. Penting untuk melakukan langkah ini walau sudah menggunakan sungless sebab pantulan lensa mata dapat memperbesar paparan UV. Dan jangan lupa pastikan punya banyak persediaan sunscreen dan dapat dibawa kemana-mana.
Orang-orang sering lupa untuk melindungi kulit bagian kepala dan hingga akhirnya harus mengalami terbakar sinar matahari pada belahan rambut. Cara untuk menanggulanginya adalah semprot kulit kepala dan garis rambut dengan spray sunscreen di seluruh kepala untuk memastikan terlindungi namun jika ragu-ragu menggunakan spray sunscreen sebagaiknya menggunakan topi.
Selain melindungi kulit luar menggunakan sunscreen ada baiknya juga melindungi kulit dari dalam tubuh. Minum suplemen seperti sun pill atau heliocare dietary supplement for the skin akan meningkatkan perlindungan kulit. Ingredien penting di dalam keduanya seperti polypodium leucotomos (ekstrak sejenis pakis), beberpa studi menunjukan ingredian tersebut mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan bahkan mengurangi kemerahan sesudah terpapar sinar matahari. Namun tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakannya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Melindungi Kulit dari Matahari

0 comments:

Post a Comment