Thursday, April 23, 2015

Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia
Hepatitis salah satu dari beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Kesehatan bukan hanya sekedar bugar melainkan ditunjang oleh aktivitas dan pengetahuan yang menyehatkan. Oleh karena itu rajin berolahraga dan menjaga pla hidup sehat merupakan hal yang penting dilakukan. Akan tetapi kita juga patut mengenal dan mencegah penyakit mematikan, salah satunya adalah hepatitis.

Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia
Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia

Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia
Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia

Jenis Hepatitis dan Bahayanya Pada Manusia

Penyakit hepatitis.
Istilah hepaititis dipakai untuk semua jedis peradangan pada hati (liver). Virus hepatitis dibagi beberapa macam yaitu hepatitis A, hepatitis B, C,D, E, F, dan G. Manifestasi penyakit hepatitis akibat virus bisa akut (hepatitis A) dapat pula kronik (hepatitis B) dan adapula yang kemudian menjadi kanker hati (hepatisis B dan C).
Hepatitis A
Hepatitis A pada anak-anak sering tidak menimbulkan gejala sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu, rasa lelah, demam, diare, mual, nyeri perut, mata kuning, dan hilangnya nafsu makan, gejala akan hilang sama sekali 6 hingga 12 minggu. Orang yang terinfeksi hepatitis A akan kebal dengan penyakit tersebut, dan berbeda dengan hepatitis B dan C yang dapat berlanjut ke hepatitis kronik. Penularan melalui makanan atau minumam yang terkontamidasi kotoran pasien, misalnya makan buah-buahan, sayur yang tidak dimasak atau makan kerang yang setengah matang, dan minum es batu yang prosesnya terkontaminasi. Penyebab ini akibat buruknya tingkat kebersiahan. Di Negara-negara berkembang sering terjadi wabah yang penyebarannya terjadi melalui air dan makanan.
Hepatitis B
Gejala hepatitis B mirip dengan hepatitis A yaitu hilangnya nafsu makan, mual, muntah, rasa lelah, mata kuning serta demam. Penuluran hepatitis B tidak semudah virus hepatitis A, virus ini ditularkan melalui darah atau produk darah. Biasanya penularan terjadi melalui jarum suntik atau pisau yang terkontaminasi, transfuse darah, gigitan manusia atau diantara mitra seksual (baik heteroseksual maupun homoseksual). Ibu hamil yang terinfeksi olh hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayi pada proses persalinan.
Hepatitis C
Hepatitis C ini paling sering ditularkan melalui pemaikan obat yang menggunakan jarum bersama-sama. Jarang terjadi penularan melalui hubungan seksual. Untuk alasan yang masih belum jelas penderita “penyakit hati alkoholik” seringkali menderita hepatitis C.
Hepatitis D
Hepatitis D Virus (HDV) adalah virus yag unik, yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. penularan melalui hubungan seksual, jarum suntik, dan transfuse darah. Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan (koinfeksi) atau amat progesif.
Hepatitis E
Gejala mirip hepatitis A yaitu demam pegel linu, lelah, hilang nafsu makan dan sakit perut. Penyakit yang akan sembuh sendiri kecuali jika terjuadi pada kehamilan khususnya trimester ketiga dapat mematikan. Penularan melalui air yang terkontaminasi kotoran



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related :

0 comments:

Post a Comment