Thursday, April 23, 2015

HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia

HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia
Kesehatan bukan hanya sekedar bugar melainkan ditunjang oleh aktivitas dan pengetahuan yang menyehatkan. Oleh karena itu rajin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang penting dilakukan. Akan tetapi kita juga patut mengenal dan mencegah penyakit mematikan, salah satunya adalah HIV/AIDS.
HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia
HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia

HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia
HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia

HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia
HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia



Apa itu HIV/AIDS dan cara penyebarannya
WHO dan lembaga khusus menanggulangi AIDS dari PBB (UNAIDS) melaporkan estimasi jumlah penderita HIV/AIDS di seluruh dunia pada tahun 1990 adalah 7,8 juta dan pada akhir Desember 2007 mencapai 33,2 juta dimana 90% berasal dari Negara berkembang. Estimasi junlah kematian yang disebabkan oleh HIV/AIDS mecapai 2,1 juta orang, dimana 76% terjadi di wilayah Sub Sahara Afrika yang merupakan penyebab kematian utama wilayah tersebut. Sedangkan jumlah infeksi baru HIV/AIDS adalah 2,5 juta dan 68% terjadi di Sub Sahara Afrika.
Benua Asia diindikasikan memiliki laju infeksi HIV tertinggi di dunia sedangkan Afrika tengah mengalami perluasan HIV/AIDS di berbagai sector dampak dari pembangunan. Tren epidemic di Kamboja, Myanmar, dan juga Thailand menunjukan penurunan sedangkan di Indonesia dan Vietnam malah semakin meningkat. Secara keseluruhan estimasi jumlah orang yang mengidap HIV/AIDS pada akhir 2007 di Asia adalah 4,9 juta orang, termasuk 440.000 orang merupakan khasus baru dan 300.000 orang meninggal karena AIDS.
 AIDS merupakan efek dari perkembang biakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu yang menyebabkan sindrom AIDS yang memataikan dan sangat berbahaya. Penyebab timbulnya penyakt AIDS adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh kerena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh virus HIV. Akibanya penderita tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit yang sangat ringan sekalipun. Virus HIV menyerang sel CD4 dan mengubahnya menjadi tempat berkembang biak virus HIV baru kemudian merusak sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh, tanpa kekebalan tubuh maka ketika mudah untuk terserang penyakit. Dampaknya adalah penderita dapat meninggal dunia meski hanya terkena pilek biasa.
Ada beberapa faktot penyebab dari meyebarnya virus HIV/AIDS
·         Melalui hubungan seks antara mereka yang mengidap HIV/AIDS kepada mereka yang belum dijangkiti.
·         Melalui transfusi darah dari mereka yang mengidap HIV/AIDS kepada mereka yang belum dijangkiti.
·         Melalui penggunaan jarum antara mereka yang mengidap HIV/AIDS kepada mereka yang belum dijangkiti.
·         Ibu hamil yang mengidap HIV/AIDS kepada bayi yang dikandung melalui tali pusat.
·         Melalui darah mereka yang mengidap HIV/AIDS yang terkena pada kulit yang luka, kulit yang kering dan pecah juga pada rongga jerawat.

·         Melalui darah mereka yang mengidap HIV/AIDS yang terpecik ke anggota badan seperti mulut, rongga hidung, dan mata

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : HIV/AIDS Perenggut Nyawa Jutaan Manusia

0 comments:

Post a Comment