Thursday, April 23, 2015

Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan

Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan
Ingatan merupakan sesuatu yang berharga bagi setiap manusia dan semua orang pasti igin ingatan mereka tetap kuat. Melakukan beberapa perubahan kebiasaan sehari-hari bisa bermanfaat besar untuk melindungi ingatan. Bahkan hal-hal sederhana seperti meningkatkan lebih banyak 1 cangkir konsumsi kopi atau menamambah jam tidur dapat menjaga pikiran tetap tajam selama bertahun-tahun setelahnya. Ada beberapa cara mudah untuk dapat menguatkan ingatan.

Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan
Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan

Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan
Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan


Langkah mudah menguatkan ingatan
·         Makan jenis buah berry-berrian
Beberapa studi yang telah dilakukan menunjukan jika seseorang memakan ½ cup buah berry-berrian dalam waktu 2 kali seminggu dapat menunda mulainya penyakit Alzheimer sampai 2 ½ tahun kedepan.
·         Meminum kopi
Banyak para ahli yang mempunyai kesimpulan bahwa senyawa dalam kopi dapat melindungi otak dan membantu menguatkan ingatan. Minumlah 2 hingga 3 cangkir kopi per hari.
·         Makan cocoa bubuk
Antioksidan yang terdapat dalam cocoa bubuk bisa membantu meningkatkan keterampilan berfikir. Masukkan 1 sendok makan cocoa bubuk ke dalam susu skim atau taburkan pada kopi. Selain itu dapat menggunakan coklat petak biasa namun dengan kandungan cocoa yang tinggi (minimal 70% cocoa asli).
·         Perbanyak makan asal lemak omega 3
Lemak dalam omega 3 ini dapat membantu mengendalikan inflamasi yang sering juga disebut dengan naiknya insulin akibat terlalu banyak memakan karbohidrat. Inflamasi yang berlangsung secara lama akan menyebabkan penurunan kognitif termasuk juga ingatan seseorang. Sebaiknya makan 2 hingga 3 setiap minggunya seperti ikan salmon atau dapat meminum suplemen minyak ikan dengan kadar 1500 mg asam lemak omega 3 yang sering disebut dengan docosahexaenic acid (DHA) dan juga 500 mg eicosapentaenid acid (EPA).

·         Bakar kalori ekstra setiap hari
Beberapa studi menemukan orang yang telah berumur yang telah membakar 300 lebih kalori (300 kalori setara dengan jogging selama 30 menit) setiap hari dengan aktifitas fisik apapun mengalami 90% penurunan mental dibandingkan orang yang jarang untuk brgerak. Kegiatan sehari-hari seperti berkebun, berjalan kaki, atau hanya sekedar naik tangga dapat sangat bermanfaat. Intinya adalah carilah kebiasaan olahraga yang paling disukai dan juga jadikan sebagai rutinitas seperti halnya dengan gosok gigi.
·         Tidur selama 7 jam dalam semalam
Banyak riset yang menunjukan bahwa tidur terlalu banyak (lebuh dari 9 jam) atau terlalu sedikit (kurang dari 5 jam) dapat menyebabkan ingatan memburuk pada jangka waktu setelahnya. Dan para ahli juga menemukan bahwa pola tidur di usia sekitar 50-an hingga 60-an mempunyai efek jangka panjang pada kesehatan otak. Jika seseorang memiliki masalah dalam tidurnya lebih baik tidur membelakangi jam sebab suara detak jam dapat menambah stress dan akan membuat sulit untuk tidur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Membangun dan Menguatkan Ingatan

0 comments:

Post a Comment