Thursday, April 23, 2015

Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur

Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur
Untuk mengatasi sulit tidur kadang hanya memerlukan cara-cara yang mudah dan cukup sederhana untuk dilakukan. Kesehatan merupakan hasil dari keseimbngan dinamis dalam pola hidup, gaya makan, dan adaptasi terhadap stress. Keutuhan pola hidup manusia berdasarkan keseimbangan tersebut akan membuka rahasia tubuh yang mampu menghadapi lingkungan sekitar. Optimalisasi keterpaduan jaringan tubuh akan lebih mudah tercapai dengan pola makan yang selaras. Merawat tubuh melalui makanan adalah langkah utama untuk membalik proses penuaan dan mencegah terjadinya proses degenerasi. Setelah oksigen, makanan adalah hal yang paling penting, paling berharga, dan alami di dunia ini. Walaupun ini sangat penting tetapi banyak orang yang bingung dan tidak tahu mengenai nutrisi yang tepat bagi mereka terutama ketika tubuh mereka mengalami ganguan.

Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur
Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur

Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur
Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur

Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur
Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur


Membantu mengatasi sulit tidur
Ada beberapa cara untuk dapat mengatasi sulit tidur antara lain adalah usahakan agar rileks selama kurang lebih satu jam sebelum waktu tidur misalnya dengan melakukan yoga ringan, mendengarkan music lembut atau membaca artikel ringan. Hindari kegiatan fisik berlebihan juga dapat mambantu mengatasi kesulitan tidur sebelum waktu tidur, dan jika telah lama berbaring di atas tempat tidur namun tak kunjung mengantuk tetaplah tenang dan jangan sampai gelisah sebab kegelisahan akan membuat kesulitan untuk memejamkan mata.
Makanan berlimpah akan asam amino triptofan, magnesium, dan vitamin B1 selama ini sering diandalkan untuk mengatasi sulit tidur. Meminum susu hangat dengan tambahan madu dan juga ditambah dengan menyantap kudapan almon atau kenari pangang sebelum berangkat tidur akan mengundang rasa kantuk datang lebih cepat. Kandungan triptofan dalam susu serta magnesium dan vitamin B1 pada almon akan meningkatkan kadar serotonin dalam otak,
Sejumlah mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan juga seng diketahui bersifat calming effect yakni dapat menenangkan saraf dan otot. Selain iu dapat mengendurkan saraf dan juga mengontrol komunikasi pesan antar sel. Banyak diketahui bahwa kalium dan kalsium juga bersifat menurunkan tekanan darah sehingga membantu tidur lebih lelap. Magnesium membantu saraf dan otot untuk lebih rileks. Seng dapat menaikkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit selama menjalani terapi sulit tidur belum memberikan hasil yang diharapkan.
Makanan dengan senyawa sejenis opium dan hiosiarnin juga disarankan agar mambantu seseorang untuk lebih cepat tertidur dan juga terlelap. Lalap selada atau lettuce yang disantap mentah masih memiliki kandungan senyawa sejenis opium yang relative utuh sehingga khasiatnya sebagai obat untuk mengatasi sulit tidur sangat ampuh. Selain itu senyawa opium banyak terkandung dalam sawi hijau atau lebih dikenal dengan caisim dan juga kankung. Hal itu juga yang dapat menjawab mengapa jika setelah mengonsumsi tumis kankung akan membuat tidur menjadi lebih lelap.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Sederhana untuk Mengatasi Sulit Tidur

0 comments:

Post a Comment