Thursday, April 23, 2015

Berolahragalah Sedini Mungkin
Sebaiknya seseorang memulai untuk berolahraga sejak dini agar mempunyai pertumbuhan tubuh yang baik. Menurut data yang telah diolah oleh Biro Pusat Statistik tercatat 32.811.173 orang melakukan olahraga adalah masyarakat yang berusia di antara 10 hingga 30 tahun. Jumlah yang besar akan tetapi jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak melakukan olahraga yakni 92.998.021 atau 73,8%. Bila persentase masyarakat yang melakukan olahraga hanya 26,2% untuk yang berusia 10 hingga 30, yang justru harus banyak berolahraga karena adanya tuntutan kurikulum di sekolah maka persentase masyarakat berusia di atas usia 30 akan jauh lebih kecil daripada itu. Ini adalah masalah yang serius sebab justru olahraga bagi masyarakat berusia 30 tahun adalah satu keharusan bila menghendaki tubuh yang sehat, kuat, terhindar dari berbagai macam penyakit, bahkan umur yang lebih panjang.

Berolahragalah Sedini Mungkin
Berolahragalah Sedini Mungkin

Berolahragalah Sedini Mungkin
Berolahragalah Sedini Mungkin

Berolahragalah Sedini Mungkin
Berolahragalah Sedini Mungkin


Olahraga pada usia kanak-kanak
Berolahraga sejak dini telah dimulai ketika seseorang berada dalam kandungan sang ibu. Sang ibu yang selalu mengambil waktu untuk berjalan, gerak badan atau olahraga ringan pada saat mengandung memberikan kelancaran pada bayi bahkan memberikan kesehatan yang lebih baik kapada ibu dan anak. Berbagai komplikasi melahirkan dapat dihindari bila sang ibu melakukan gerak badan secara teratur. Segera setelah bayi dilahirkan ia akan langsung mengadakan gerakan badan. Dorongan alamiah yang menyebabkan tangan dan kaki bergerak teristimewa saat sedang menangis. Sebab itu menangis adalah keadaan yang normal bahkan baik sekali untuk seorang bayi. Sementara ia menggerakan tangan dan kakinya, ia memberikan kelancaran peredaran darah yang membawa zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuhnya.
Olahraga masa muda
Berolahraga sejak dini terutama pada masa muda umumnya diketahui mempunyai dua keuntungan besar yaitu dapat membina bakat olahraga untuk menjadi juara serta memanfaatkan waktu dengan baik. Namun banyak alasan lain mengapa harus berolahraga pada masa muda.
·         Olahraga membawa anak muda terhindar dari penyakit yang dapat menyerang orang-orang seusianya.
·         Tubuh dan pikiran saling berkaitan satu sama lain, sehingga tubuh yang sehat memberikan pikiran yang lebih berdayaguna dan mengakibatkan diperolehnya manfaat yang lebih baik.
·         Pola hidup yang dibentuk pada masa ini akan tinggal dalam dirinya sampai akhir hidupnya.
Olahraga usia baya dan lanjut
Sementara usia sekamin bertambah memasuki usia baya (pertengahan) olahraga sangatlah penting. Ini adalah masa dimana tenaga makin menurun dan jantung mulai mengeluh pada saat manaiki tangga. Saat ini olahraga menjadi pengobatan dan jikalau ingin mengembalikan jantung dan paru-paru untuk melakukan tugasnya dengan maksimal maka harus melakukan kegiatan olahraga. Perlu diingat bahwa ketika berada dalam usia pertengahan dan selalu bekerja di belakang meja umumnya tubuh akan lebih menderita bila melalaikan olahraga.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related :

0 comments:

Post a Comment