Iklan Responsive Atas

LightBlog
Responsive Ads Here

Thursday, April 23, 2015

Air Putih dan Seluruh Fungsinya

Air Putih dan Seluruh Fungsinya
Air putih yang cukup untuk tubuh manusia menjadi faktor penentu kesehatan seseorang. Agar dapat hidup dengan sehat dan bugar tentunya harus membiasakan menjalani sebuah pola hidup yang sehat dan membiasakan diri bahwa segala sesuatunya bersih yang dimulai dari hal paling sederhana. Manfaat memiliki tubuh sehat dan bugar antara lain adalah tidak mudah terserang penyakit, berat badan terjaga, tidak mudah lelah, bersemangat, penampilan pun tetap prima.

Air Putih dan Seluruh Fungsinya
Air Putih dan Seluruh Fungsinya

Air Putih dan Seluruh Fungsinya
Air Putih dan Seluruh Fungsinya

Air Putih dan Seluruh Fungsinya
Air Putih dan Seluruh Fungsinya


Minum air putih harus cukup
Kebiasaan membawa botol air minum dalam perjalanan atau saat pergi ke mana pun mungkin belum menjadi tren di kalangan masyarakat. Bila haus di tengah jalan kebanyakan dari kita lebih suka membeli sebotol minuman ringan beraroma teh atau soda atau pun air mineral. Kebutuhan tubuh aakan cairan memang tidak bisa dibantah, cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolism tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan akan mengalami gangguan ataupun dehidrasi. Dalam memenuhi kebutauhan cairan sebaiknya pilihlah minuman yang baik dan tak menimbulkan resiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik tentunya adalah air putih, meski faktaya cairan ini kalah populer ketimbang minuman beraroma dan beraneka rasa yang beredar di pasaran. Ada enam fakta ilmiah betapa kebiasan minum cukup air putih setiap hari penting bagi tubuh.
Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh
Fakta medis menunjukan tubuh manusia 60% terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi dan mempertahankan suhu tubuh.
Membantu mengendalikan kalori
Sejak lama orang yang sedang menjalani program diet melakukan kebiasaan minum air putih sebagai stategi menurunkan berat badan. Meskipun air tidak memberikan efek magis menggunkaannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu. Program diet akan berhasil jika kita memilih air atau minuman nonkalori sebagai pengganti minuman yang kalori. Lalu diet dengan makan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan berisi dan membantu kita memangkas kalori.

Membantu membangkitkan otot
Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang. American College of Sport Medicine merekomendasi bahwa dua jam sebelum olahraga sebaiknya meminum 17 ons cairan.
Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan media transportasi sisa limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan konsentrasi urin, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.


No comments:

Post a Comment