Thursday, April 23, 2015

Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia

Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia
Air merupakan salah satu hal yang penting dalam tubuh manusia dan juga faktor yang menentukan kesehatan. Agar dapat hidup dengan sehat dan bugar tentunya harus membiasakan menjalani sebuah pola hidup yang sehat dan membiasakan diri bahwa segala sesuatunya bersih yang dimulai dari hal paling sederhana. Manfaat memiliki tubuh sehat dan bugar antara lain adalah tidak mudah terserang penyakit, berat badan terjaga, tidak mudah lelah, bersemangat, penampilan pun tetap prima.
Air
Air merupakan kebutuhan dasar bagi makhluk hidup, tanpa air tidak aka nada kehidupan di bumi ini, sekitar 71% komposisi bumi terdiri dari air. Air tersusun atas dua atom hydrogen dan satu atom oksigen dengan rumus kian H2O, air mempunyai sifat tidakberwarna, tidak berasa dan juga tidak berbau. Setiap orang di muka bumi ini membutuhkan kurang lebih 2 liter air bersiuh untuk minum sehari-hari dan sekitar 13 juta m3 untuk seluruh penduduk dunia setiap harinya. Kegunaan air bagi kehidupab manusia antara lain adalah untuk irigasi (pertanian, perkebunan, dan perikanan), air minum, hygiene sanitasi, industry, rumah sakit, transportasi, dan juga rekreasi.

Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia
Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia

Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia
Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia

Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia
Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia

Sumber air
Sumber air dapat dibagi menjadi tiga yaitu:
·         Air hujan lansung
·         Air permukaan (air sungai, mata air, air danau, air situ, dan air beku atau salju).
·         Air permukaan merupakan air hujan yang turun dan mengalir di permukaan bumi dan berkumpul pada suatu tempat relative rendah, seperti sungai, danau, dan juga laut. Kauantitas air permukaan dipengaruhi oleh musim dan kualitasnya mudah terkontaminasi oleh kombinasi lingkungan dan cara penggunaannya.
Air tanah
Air tanah dapat dibedakan menjadi air tanah dangkal (<40m), air tanah dalam (40 hingga 200m), dan air tanah sangat dalam (>200m). Secara kualitas, air tanah baik sebagai sumber air minum, namun kualitas air tanah biasanya mengandung Ca, Mg, dan kesadahan yang tinggi. Pencemaran air tanah dapat terjadi karena air laut, bakteri, dan sistem pembuangan air kotor yang tidak baik, dan pestisida dari pertanian.
Kuantitas dan kualitas air
Dalam Fase Siklus Hidrologi, kuantitas air tidak berubah tetapi wujudnya yang berubah. Kuantitas air di dunia seperti berikut.
·         Air di daratan 2,8
·         Danau air tawar 0,009
·         Danua air asin dan laut daratan 0,008
·         Sungai 0,0001
·         Kelembapan tanah dan air vadose 0,005
·         Air tanah sampai kedalaman 4000m 0,61
·         Es dan glacier 2,14
·         Air di atmosfer 0,001
·         Air di lautan 97,3
Kualitas air dapat diukur melalui beberapa parameter yaitu parameter fisik, kimia, dan biologi. Jika kualitas air tidak terpenuhi dengan baik dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kualitas air juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yaitu iklim, kandungan unsure kimia tanah, dan aktivitas manusia.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Air Kebutuhan Utama Tubuh Manusia

0 comments:

Post a Comment