Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Belimbing Asam / Belimbing Wuluh Bagi Penderita Hipertensi


Manfaat Belimbing asam / Belimbing Wuluh Bagi Penderita Hipertensi
Belimbing asam / Belimbing Wuluh merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah Belimbing asam / Belimbing Wuluh.
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Belimbing Asam / Belimbing Wuluh
Belimbing Asam / Belimbing Wuluh

Averhoa bilimbi yang di Indonesia lebih dikenal dengan Belimbing asam / Belimbing Wuluh yang merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Belimbing asam / Belimbing Wuluh mempunyai batang pohon lenih kecil dibadingkan dengan belimbing manis dan tingginya hanya dapat mencapai 10 meter lebih. Belimbing asam / Belimbing Wuluh  banyak terdapat di pedesaan atau kampung-kampung. Bauahnya asam dan berbentuk lonjong dengan alur memanjang. Belimbing asam / Belimbing Wuluh dapat tumbuh dengan subur pada daerah yang memiliki ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut. Dalam kehidupan sehari-hari buah Belimbing asam / Belimbing Wuluh digunakan kaum wanita sebagai bahan penyedap masakan asli pengganti cuka.

Komposisi kandungan kimia
Belimbing asam / Belimbing Wuluh mengandung senyawa kimia asam oksala dan juga kalium. Di samping itu daun Belimbing asam / Belimbing Wuluh mengandung ekstrak untuk melawan staphylocus.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Bagi penderita hipertensi dapat menggunakan 3 buah Belimbing asam / Belimbing Wuluh, setengah ikat daun kemangi kemudian renus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal setengah gelas kemudian disaring untuk diambil airnya. Dapat diminum menjelang tidur dan diulangi 3 hari sekali. Untuk diabetes, demam dan radang poros usus dapat menggunkan 3 genggam daun Belimbing asam / Belimbing Wuluh kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
Untuk menyembuhkan batuk dapat menggunkaan 1 genggam daun Belimbing asam / Belimbing Wuluh, 3 buah Belimbing asam / Belimbing Wuluh kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih dan disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk penderita encok gunakan 4 genggam daun Belimbing asam / Belimbing Wuluh lalu ditumbuk halus  dan digunakan untuk menggosok bagian pinggang. Menghilangkan jerawat dapat dengan 3 buah Belimbing asam / Belimbing Wuluh garam secukupnya. Buah Belimbing asam / Belimbing Wuluh diparut kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata dan digunakan pada bagian wajah yang berjerawat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Belimbing Asam / Belimbing Wuluh Bagi Penderita Hipertensi

0 comments:

Post a Comment