Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Daun Jintan : Mengobati sakit kepala dan sariawan



Manfaat Daun Jintan :  Mengobati sakit kepala dan sariawan
Jintan merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah jintan.
Daun Jintan
Daun Jintan

Daun Jintan
Daun Jintan

Daun Jintan
Daun Jintan

Daun Jintan
Daun Jintan
 
Coleus amboinicus atau di Indonesia lebih dikenal dengan jintan merupakan tumbuhan yang masuk dalam family labiatae dan tumbuhan yang berasal dari India. Jintan merupakan suatu tumbuhan jenis rumput-rumputan dan mempunyai batang dan juga tangkai berkayu. Jintan biasanya ditanam di kebun-kebun di daerah daratan rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Batangnya lunak dan berair, bentuk daunnya mirip bed pingpong dan tepinya bergerigi. Daun jintan memiliki bau yang khas dan bermanfaat untuk pengobatan. Pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek dan dapat ditanam dalam pot maupun ditanam langsung di tanah. Jintan tumbuh di tempat-tempat yang tidak terlalu banyak kena sinar matahari dan airnya cukup (tidak terlalu kering).
Komposisi kandungan kima dan manfaat
Daun jintan mempunyai bau yang aromatic dan berkhasiat obat namun komposisi kandungan kimia secara ilmiah belum diteliti. Jintan berkhasitan untuk pengobatan asma dan batuk dengan cara pilih 4 lembar daun jintan, direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tinggal 1 gelas kemudian saring. Dapat diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Berkhasiat juga untuk perut kembung dengan menggunakan 4 lembar daun jintan, lalu ditumbuk halus dan disedu dengan 1 cangkir air panas selama tujuh hingga sepuluh menit kemudian disaring lalu setelahnya diminum biasa tanpa tambahan lainnya.
Jintan juga dapat berkhasiat untuk sakit kepala dan sariawan dengan 2 lembar daun jintan, kemudian daun jintan tersebut dicuci hingga bersih kemudian dapat dikunyah. Airnya ditelan dan ampasnya dapat dibuang. Berkhasiat juga untuk demam tinggi dengan mnenyisihkan 7 lembar daun jintan. 4 lembar ditumbuk halus untuk kompres, sedangkan yang 3 lembar daun direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tinggal setengah kemudian disaring dan diminum biasa. Untuk luka atau borok dapat menggunakan beberapa daun jintan kemudian ditumbuk halus atau dipipih dan tempelkan pada luka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun Jintan : Mengobati sakit kepala dan sariawan

0 comments:

Post a Comment