Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Buah Mengkudu untuk penyembuhan penyakit kuning / lever



Manfaat Buah Mengkudu  untuk penyembuhan penyakit kuning / lever
Mengkudu merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah mengkudu.
 
Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Morinda citrifolia atau di Indonesia disebut dengan mengkudu merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia dan merupakan family dari rubiaceae. Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian dan dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter di atas permukaan laut. Mengkudu yang tersebar luas di Kepulauan Pasifik dan India ternyata merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Tumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8m. Daunnya bersusun berhadapan panjang daun 20-40cm dan 7-15cm. Bunganya berbentuk bunga bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong.
Kompisisi kandungan kimia
Buah buni  tunmbuhan mengkudu yang telah masak mempunyai aroma yang tidak sedap. Namun demikian buah buni tersebut ternyata mengandung sejumlah zat yang berkhasiat untuk pengobatan. Adapun kandungan zat terseut antara lain morinda doil, morindone, morindin, damnacanthal, metal asetil, asam kapril, dan soranyidiol.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Mengkudu bermanfaat untuk sakit kuning dengan 2 buah mengkudu yang telah masak di dalam pohon dan 1 potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya kemudian kedua bahan tersebut dioplos dampai merata dan disarig kemudian diminum dan diulangi 2 hari sekali. Khasiat untuk penyakit influenza dengan menggunakan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang lengkuas, kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 grlas kemudian disaring. Diminum 2 kali 1 hari pagi dan sore.
Untuk menyembuhkan sakit perut, cukup 2 hingga 3 lembar daun mengkudu kemudian ditumbuk halus ditambah garam dan disedu air panas. Setelah dingin disaring dan diminum. Untuk menghilangkan sisik pada kaki siapkan buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit kemudian dibersihkan dnegan kain yang telah dibasahi degan air hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Mengkudu untuk penyembuhan penyakit kuning / lever

0 comments:

Post a Comment