Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Asam Jawa : Mengobati Penyakit Asma (sesak nafas)



Manfaat Asam Jawa : Mengobati Penyakit Asma (sesak nafas)
Asam jawa merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah asam jawa
 
Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa
Asam Jawa

Tamarindus indica atau di Indonesia disebut dengan asam jawa merupakan family dari leguminosae yang berasal dari India. Asam jawa merupakan sebuah kulvitar daerah tropis dan termasuk tumbuhn berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan dunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polognya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah juga terdapat biji berjumlah 2-5 yang berbentuk pipiuh dengan warna coklat agak kehitaman.
Komposisi kandungan kimia
Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon di antaranya mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk penyakit asma dapat menggunakan 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari. Untuk mengatasi batuk kering menggunakan 3 polong buah asam jawa , setengah genggam daun saga. Kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore.
Menyembuhkan sariawan dapat menggunakan 2 polong buah asam jawa , 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya meninggalkan 1 gelas kemudian saring lalu dapat diminum biasa. Untuk mencegah rambut rontok dengan menggunakan biji asam jawa. Sebelum keramas dengan shampoo kepala dimasase terlebih dahulu dengan buah asam jawa yang telah masak yang dicampur sedikit air. Kemudian rambut dicuci hingga bersih.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Asam Jawa : Mengobati Penyakit Asma (sesak nafas)

0 comments:

Post a Comment