Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Jeruk Nipis : Obat Amandel yang efektif, mudah didapat dan murah



Jeruk Nipis, Obat Amandel yang efektif, mudah didapat dan murah  
Jeruk nipis merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah jeruk nipis.
Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis
 
Citrus aurantifolia atau disebut juga dengan jeruk nipis merupakan family dari rutaceae yang berasal dari Indo China. Jeruk nipis termasuk salah satu jenis citrus (jeruk), termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki danhan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dank eras, sedangkan permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Tanaman jeruk nipis pada umur 2,5 tahun sudah mulai berbuah. Bunganya berukuran kecil berwarna putih dan buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong berwarna hijau atau kekuning-kuningan dan bila sudah tua akan asam.
Komposisi kandungan kimia
Juruk nipis mengandur unsur senyawa kimia yang bermanfaat misalnya limonene, linan asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asam sitrat. 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamian C, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin B, zat besi, lemak, kalori, protein, dan juga air.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati amandel dengan menggunkaan 1 buah jeruk nipis, 1,5 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 2 sendok makan madu. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airmya kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah setengah gelas air diaduk sampai merata dan disaring. Dapat diminum 2 hari sekali secara teratur. Untuk sesak nafas gunakan 1 buh jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok the bubuk kopi dan 1 potong gula batu. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut, kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya dan disedu dengan air panas secukupnya diaduk sampai merata kemudian disaring. Diminum setelah makan pagi secara teratur. Untuk menghilangkan bau badan dapat menggunakan 1 buah jeruk nipis dan 3-5 lembar daun sirih. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih kemudian dicampur air dingin secukupnya dan dipakai untuk mandi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jeruk Nipis : Obat Amandel yang efektif, mudah didapat dan murah

0 comments:

Post a Comment