Tuesday, March 10, 2015

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan



Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan
Jambu biji merupakan tumbuhan yang di gunakan sebagai obat tradisional. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dipergunakan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari dalam dan luar telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan. Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah jambu biji.

 
Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji
Psidium guajava atau lebih dikenal sebagai jambu biji merupakan tumbuhan yang bersal dari family mytaceae dan berasal dari Amerika Tropika. Jambu biji tersebar meluas hingga ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan yaitu India dan Srilangkaa. Termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan juga ranting dengan batang pohon ynag keras. Permukaan kulit luar pohon berwarna coklat dan juga licin. Apabila kulit kayu tersebut dikelupas akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun biji jambu biji sudah mulai berbuah, bijinya banyak dan terdapat pada daging buah.
Komposisi kandungan kimia
Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tannin, sedangkan pada bunganya tidak mbanyak mengandung tannin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tannin seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin, dan juga vitamin.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Untuk penderita maag, gunakan 8 lembar daun jambu biji  yang masih segar kemudian direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih lalu disaring untuk diambil airnya dan diminum 3 kali sehari pagi, siang dan sore. Untuk mengobati masuk angin, 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya, lalu diminum 2 kali sehari. Bagi penderita sakit kulit dapat menggunakan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kantum bunga jambu biji kemudian ditumbuk bersama-sam sampai halus dan gunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment