Friday, March 6, 2015

Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan



Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan
Kencur  merupakan salah satu empon-empon yang di gunakan sebagai obat tradisional. Dewasa ini masyarakat mulai memanfaatkan kekayaan alam seperti tumbuhan untuk membuat berbagai jenis obat. Obat yang terbuat dari tambuhan sudah lama dilakukan oleh nenek moyang pada zaman lampau. Selain itu para ahli dari Jerman, India, China, Australia, dan Indonesia sendiri telah melakukan penelitian juga pengujian terhadap sejumlah tumbuhan tertentu yang diperkirakan berkhasiat untuk pengobatan.
Diperkirakan di Indonesia terdapat 100.000 pengobatan tradisional yang tersebar di 65.000 lebih desa. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan obat-obatan atau ramuan tradisional seperti yang sering dilakukan oleh dukun, sinshe, tabib, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat, salah satunya adalah kencur.
Kunyit dan juga manfaatnya
Kaempferia galanga atau di Indonesia sering disebut sebagai kencur merupakan tumbuhan yang berasal dari India dan merupakan family dari zingiberaceae. Kencur digolongkan sebagai tanaman berjenis empon-empon yang mempunyai daging buah lunak dan juga tidak berserat. Kencur tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak banyak air. Rimpang kencur mempunyai aroma yang sangat spesifik. Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat.
 
Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan
Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan

Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan
Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan

Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan
Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan

Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan
Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan


Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2 hingga 3 lembar dengan susunan berhadapan. Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota berjumlah antara 4 hingga 12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan. Kencur hanya tumbuh pada musim penghujan saja. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari tidak terlalu basah dan tempat terbuka.
Sel daun kencur dan rimpang kencur mengandung minyak yang disebut dengan atsiri. Selain rimpang kencur juga mengandung senyawa kimia di antara kamfer, borneol, sineol, dan etil alchohol. Kencur dapat bermanfaat dan berkhasiat untuk beberapa penyakit seperti radang lambung, influenza pada bayi, masuk angin, dan juga memperlancar haid.
Untuk radang lambung, siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, kemudian kencur dikuliti lalu dikunyah. Telan air kunyahannya dan buang ampasnya kemudian minum 1 gelas air putih dan diulangi sampai sembuh. Bagi influenza pada bayi, siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemusuk. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian ditambah beberapa sendok air hangat kemudian dioleskan/dibubukan di seputar hidung. Untuk mengatasi masuk angin, siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya kemudian kencur dikuliti hingga bersih. Kencur dimakan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih dan dapat dilakukan 2 kali sehari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kencur Bermaanfaat dalam Penyembuhan

0 comments:

Post a Comment