Wednesday, May 13, 2015

Resiko Besar Terserang Kanker Hati

Resiko Besar Terserang Kanker Hati
Kanker hati merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.

Resiko Besar Terserang Kanker Hati
Resiko Besar Terserang Kanker Hati

Resiko Besar Terserang Kanker Hati
Resiko Besar Terserang Kanker Hati

Resiko Besar Terserang Kanker Hati
Resiko Besar Terserang Kanker Hati


Kanker hati
Sekitar lebih dari 90% pasien kanker hati datang ke dokter dalam kondisi stadium lanjut, sehingga akan sngat sulit disembuhkan. Hal ini dapat terjadi sebab kanker ini tidak menunjukan gejala dan gejala yang mencolik akan timbul ketika kanker tersebut sudah cukup luas. Kanker hati sering ditemukan pada orang-orang yang mengidap hepatitis B dan hepatitis C kronis. Di dalam darah penderita kanker hati sering ditemukan tanda-tanda virus hepatitis B yang telah berlangsung secara lama dan juga menetap. Sekitar 65% penderita kanker ini telah terinfeksi hepatitis B, sebagian besar orang yang terkena virus hepatitis B dapat disembuhkan namun ada sebagian kecil yang berkembang menjadi penyakit radang hti (hepatitis B) menahun. Sekitar 10% hepatitis B menahun berkembang menjadi kanker hati.
Di Indonesia terdapat 6% hingga 8% orang menyidap virus hepatitis B.Tingginya angka penderita ini kemungkinan disebabkan ketidaktahuan masyarakat tentang penyakit dan cara-cara penularannya. Hepatitis B dapat menularkan kepada orang lain melalui cara sebagai berikut.
1.      Melakukan hubungan seks atau berciuman dengan penderita.
2.      Memakai alat-alat kedokteran yang tidak steril atau bekas penderita.
3.      Bersentuhan dengan cairan tubuh penderita baik melalui luka maupun selaput lendir mata dan mulut.
4.      Transfusi darah yang mengandung virus hepatitis B.
5.      Ibu hamil atau menyusui kepada anaknya.
Hampir sama seperti jenis kanker yang lain, penyebab dari kanker hati juga belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian ada beberapa faktor resiko yang diduga dapat memberbesar kemungkinan terkena kanker hati,
·         Seorang penginap HBs Ag atau antigen di dalam darah yang tidak normal (saat pemeriksaan darah ditemukan virus hepatitis B).
·         Seorang penderita penyakit hati kronis baik dengan HBs Ag positif atau HBs Ag negative.
·         Pecandu alcohol.
·         Salah satu anggota keluarganya termasuk penderita kanker hati primer.
·         Mereka yang sering mengkonsumsi makan yang mengandung aflaktosin. Aflaktosin terbentuk dalam makan yang disimpan berbulan-bulan di udara panas dan lembab.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resiko Besar Terserang Kanker Hati

0 comments:

Post a Comment