Wednesday, May 13, 2015

Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker

Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker
Salah satu cara untuk menyembuhkan kanker adalah dengan menggunakan obat herbal untuk kanker. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.

Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker
Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker

Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker
Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker

Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker
Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker


Kegunaan obat herbal untuk kanker
Banyak obat herbal untuk kanker yang biasanya dikemas dalam bentuk makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlemah sel kanker. Beberapa jenis tanaman obat mempunyai peranan tertentu untuk kesembuahan penyakit kanker antara lain sebagai sitostatika, imunomodulator, antineoplastik, anti-inflamsi, hepatoprotektor, dan analgesic. Dan saat ini sudah ada beberapa macam tanaman obat yang telah dipatenkan sebagai obat kanker seperti sambiloto, buah pala, bidara upas, dan bidara laut yang telah diformulasikan menjadi obat kanker karsinom-1 untuk pengobatan kanker yang telah mengalami metastasis.
Penggunaan obat herbal untuk kanker diaplikasikan pada hal-hal berikut:
1.      Kanker yang terdiaknosis sejak dini.
2.      Kanker yang telah mendapatkan pembedahan.
3.      Diberikan sebagai pendukung radioterapi.
4.      Diberikan bersamaan dengan kemoterapi untuk mendapatkan efek aditif dan potensial, serta juga sebagai adjuvant (penawar) untuk mengurangi efek samping obat.
5.      Sebagai kemopreventif bagi mereka yang beresiko tinggi karena kanker.
Pendekatan terapi herbal untuk pengobatan kanker
Penggunaan obat herbal untuk kanker tidak muncul begitu saja. Ada beberapa pendekatan yang mendasari pengobatan dengan bahan baku tanaman tersebut, di antarnya adalah:
·         Konsep bahwa kanker bersifat reversible (bisa normal kembali). Sel-sel kanker yang bersifat reversible didasari oleh beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa sel kanker dapat berubah menjadi sel normal ketika ditumbuhkan dalam medium kalium tinggi.
·         Konsep penghambat pertumbuhan kanker. Kanker tumbuh karena adanya karsinogen dan lingkungan yang mendukung mutasi genetis pertumbuhan. Jika karsinogen dan lingkungan tersebut ditiadakan maka pertumbuhan kanker akan terhambat.
·         Konsep penuaan sel kanker. Seperti sel lainnya, sel kanker akan mengalami penuaan dan akhirnya mati. Jika pertumbuhannya dapat dihambat sel kanker tersebut tidak akan mempunyai kesempatan untuk berkembang kemudian akan tua dan mati.
·         Konsep memperkuat sel lain di sekitar kanker. Kanker berkembang dengan cara menyerang sel yang ada di sekitarnya sehingg dengan memperkuat sel sehat di sekitarnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengobatan dengan Tanaman Obat untuk Kanker

0 comments:

Post a Comment