Wednesday, May 13, 2015

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jika dalam keadaaan normal sel akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal sehingga dapat mengganggu organ yang ditempati.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker


Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini. Keberhasilan dalam pengobatan sangat tergantung pada jenis kanker, stadium kanker, keadaan umum penderita kanker, dan juga usaha dari penderita untuk sembuh.
Faktor resiko
Kenker sendiri masih menjadi ajang penelitian bagi para dokter baik pada kalangan di rumah sakit maupun pada kalangan akademikAda beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker.
·         Bahan kimia, tar pada rokok dan bahan kimia industry.
·         Penyinaran (radiasi) yang berlebihan terutama radiasi sinar matahari, sinar X (rontgen), gelombang elektromagnetik, dan radiasi bahan nuklir.
·         Beberapa virus tertentu seperti Human Papiloma Virus (HPV) sebagai penyebab kenker serviks atau kanker mulut rahim.
·         Pemberian hormone berlebihan seperti pil KB.
·         Rangsangan berupa benturan atau gesekan di salah satu bagian tubuh secara berulang dangan jangka waktu yang lama.
·         Makanan tertentu seperti makanan yang diawetkan dan mengandung bahan pewarna.
·         Menurut sebuah penelitian parasit (Fasciolopsis buskii) yang terdapat pada keong tanaman dapat menyebabkan meningkatnya kanker.
·         Infeksi kronis misalnya gigi berlubang atau radang menahun seperti keputihan pada rahim wanita.
Penyakit kanker dapat menyerang siapa saja dan dari golongan mana pun. Meskipun demikian resiko kanker lebiah besar diderita oleh orang yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Kanker tidak termasuk penyakit menular dan umumnyatidak menurun secara genetic. Namun ada beberapa jenis kanker yang dapat diturunkan dari orangtua kepada anaknya, seperti kanker payudara dan juga kanker nasofaring. Selain itu telah ditemukaan penyakit William disease yaitu adanya benjolan yang tumbuh dalam ginjal bayi sejak dalam kandungan. Meskipun kanker sama sekali tidak menular namun ada beberapa faktor penyebab yang dapat ditularkan, misalnya virus hepatitis B dan Human Papiloma Virus (HPV).


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker

0 comments:

Post a Comment