Wednesday, May 13, 2015

Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker

Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker
Pencegahan dan pengobatan kanker tergantung pada jenis kanker, stadium kanker dan usaha dari para penderita. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian. Dari banyaknya kanker yang ada hanya beberapa jenis yang dapat diobati terutama jika diobati saat masih stadium dini.

Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker
Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker

Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker
Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker


Pencegahan kanker
Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi faktor resiko terserang kanker. Ada beberapa cara pencegahan di antaranya:
·         Hindari makanan tinggi lemak, makanan instan yang mengandung bahan pewarna dan bahan pengawet serta makan makanan dengan gizi seimbang.
·         Hindari hubungan seksual dengan pasangan yang bukan suami atau istri sendiri atau berganti-ganti pasangan.
·         Hindari asap rokok atau berhentilah merokok.
·         Hindari stress dan konflik berkepanjangan.
·         Hindari terkena sinar matahari yang berlebihan.
·         Periksa kesehatan secara berkala.
·         Minumlah air murni yang sudah melalui proses penyaringan mislanya proses penyaringan reverse osmosis (RO).
·         Hindari terapi hormone sintetis
·         Hindari penggunaan hormone sintetis saat KB dalam jangka waktu lama.
·         Rutin mengkonsumsi vitamin A, C, E, B kompleks dan suplemen yang bersifat antioksidan, peningkatan daya tahan tubuh dan pembuangan racun.
Pengobatan kanker
Secara umum tujuan pengobatan kanker sebagai berikut:
·         Menyembuhkan (kuratif), yakni membebaskan penderita dari kanker untuk selamanya. Penyembuhan ini hanya berhasil jika kanker yang diderita masih stadium dini, kanker lokoroginal atau kanker yang penyebarannya belum meluas dan ukurannya masih kecil.
·         Meringankan (paliatif) yakni merupakan tindakan aktif guna meringankan beban penderita kanker terutama yang tidak bisa sembuh lagi. Tujuannya untuk memperbaiki kualitas hidup, mengatasi terjadinya komplikasi, dan mengurangi atau menghilangkan keluhan penderita misalnya rasa nyeri.
Secara umum penyembuhan dan pengobatan kanker dilakukan dengan cara berikut.
·         Penbedahan (operasi), dilakukan jika letak kanker masih local atau lokaregional.
·         Penyinaran (radoiterapi) atau kemoterapi sebagai pilihan lain dari cara operasi. Kemoterapi dilakukan jika kanker telah menyebar luas dan bersifat kemonsensitif atau responsive terhadap obat-obatan kimia sehingga sel kanker tersebut dapat musnah. Meskipun demikian, kemoterapi juga dapat menimbulakan efek negative yakni menurunnya kondisi pasien.

·         Peningkatan daya tahan tubuh (immunoterapi).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langakah-langkah untuk Pencegahan & Pengobatan Kanker

0 comments:

Post a Comment