Sunday, May 24, 2015

Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif

Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif
Sebuah riset telah menemukan bahwa orang-orang yang optimistic dan bahagia dapat mengurangi ganguan pada sakit kronik dan bahkan hingga menurunkan resiko mengembangkan penyakit kardiovaskular. Dan para ahli juga menduga bahwa bersifat positif membantu hidup lebih panjang. Beberapa sikap positif yang perlu dilakukan antara lain,

Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif
Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif

Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif
Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif

Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif
Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif

Hidup lebih lama dengan rasa senang
Kebahagiaan memerankan peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan vital. Menurut beberapa ahli bersikap positif mampu mengurangi rasa sedih. Dengan kebahagiaan akan mengurngi faktor-faktor penyebab depresi dan faktor-faktor penyebab meningkatnya penyakit alzheimer.
Tidaklah sulit untuk lebih bersikap optimistic , yaitu dengan menggunakan latihan optimisme sederhana. Latihan tersebut dapat berupa jalan cepat, main dengan hewan peliharaan, atau main dengan kawan di luar. Segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk melepas negativitas yang terpendam dan merasakan pikiran yang tenang dan damai, bisa membantu menjadi orang yang lebih positif.
Latih otak untuk positif
Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan vitalitas otak. Banyak riset menunjukan bahwa yoga dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk juga ingatan seseorang. Yoga juga meningkatkan relaksasi dan juga menenangkan stress, juga sangat baik sebagai untuk kesehatan otak dan vitalitas secara keseluruhan.
Cara lain untuk mendapatkan vitalitas otak adalah dengan meditasi, tenik ini dapat menjernihkan pikiran dan membuat pikiran lebih tenang. Para peneliti mengemukakan bahwa dengan bermeditasi dapat memperlambat penuaan sel-sel otak yang berkaitan dengan penuaan.
Aktivitas seperti yoga dan meditasi yang memerlukan konsentrasi dan fokus sangat baik untuk otak dalam cara-cara yang bersifat tidak langsung. Dengan gerakan yoga dan meditasi dapat meningkatkan fungsi paru sehingga meningkatkan kadar oksigen di dalam darah yang akan menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kejernihan berpikir yang akan menyababakan seseorang lebih bersikap positif.
Aktivitas spiritual
Berpatisipasi dalam aktivitas spiritual atau keagamaan akan membuat otak berfungsi dengan baik dan juga lebih lancar. Ritual keagamaan dan unsure sosial adalah bagian terpenting dalam menstimulir otak. Rasa memiliki dan bisa behubungan dengan orang lain yang mempunyai keyakinan yang sama meningkatkan ketajaman berpikir yang membuat otak terus terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

Para periset dari Inggris mengemukakan bahwa orang-orang yang lanjut usia dengan penyakit kronik yang menghadiri upacara keagamaan atau berdoa sendiri menunjukan tingkat optimisme yang lebih besar tentang kesehatan mereka secara keseluruhan dibandingkan dengan yang tidak. Konsentrasi dan juga fokus yang diperlukan seseorang dalam berdoa di mana saja, baik itu di tempat ibadah, di rumah, mobil atau bahkan tempat lainnya benar-benar sangat berefek positif pada otak untuk jangka panjang. Dengan efek pada otak tersebut bisa dipastikan orang-orang yang baik secara spiritualnya dapat terus bersifat positif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah Lebih Sehat Dengan Sikap Positif

0 comments:

Post a Comment