Sunday, May 24, 2015

Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak

Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak
Meditasi mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh seperti relaksasi, energy, dan juga cara berpikir. Cara ini sering dilakukan oleh orang-orang yang menderita ansiestas, sakit, depresi, masalah-masalah emosiaonal, insomnia dan juga stress. Ini merupakan salah satu olahraga bagi otak, dan ada beberapa cara untuk bermeditasi, antara lain adalah:
Duduk
Meditasi paling mudah dilakukan dan biasa dilakukan adalah dengan cara duduk. Cari tempat yang hening dimana bisa duduk nyaman dan tidak tergangu selama 20 menit. Yang paling penting adalah untuk duduk dengan punggung setegak mungkin. Dan jika ingin dapat menambah dengan lilin atau dupa yang sering digunakan untuk bermeditasi.

Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak
Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak

Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak
Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak

Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak
Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak


Setel timer
Saat melakukan meditasi mungkin akan mencari alasan untuk bangkit dan mengerjakan sesuatu seperti hanya melihat jam. Seiring dengan melakukan meditasi maka sense terhadap waktu akan hilang dan merasa telah melewatkan waktu yang tela ditentukan untuk meditasi. Hal ini sering terjadi sesudah duduk selama 1 atau bahkan 2 menit. Lebih baik setel timer agar tidak menengok jam setiap 30 detik sekali.
Bernapas
Bernapas adalah fungsi tubuh yang unik, seseorang secara otomatis menarik lebih dari 10 juta napas pertahun tanpa disadari, namun seseorang dapat mengendalikan napas. Bayangkanlah bernapas seperti cara berkomunikasi dengan tubuh. Jika bernapas dengan cara perlahan tubuh akan semakin rileks. Tugas orang yang sedang bermeditasi adalah menyadari napas dan jika pikiran berlari kemana-mana maka kembalilah pada pernapasan.
Jangan mengadili
Meditasi itu sangat sulit dan bahkan hampir mustahil sempurna dan juga pikiran akan lari ke tempat lain. Setiap kali pikiran lari segera kembali sdar bahwa sedang duduk dan bernapas. Jangan mengadili diri sendiri atau jangan menciptakan pemikiran tidak bisa meditasi dan cukup kembali ke pernapasan.
Jangan dengarkan diri sendiri
Ketika meditasi mungkin akan mendengar suara kecil dalam kepala yang mencoba membuat untuk berhenti.
·         Suara-suara ini akan datang dengan ide besar yang harus segera dikerjakan.
·         Suara itu akan membaca list to do yang harus segera dikerjakan dan membuat merasa tertekan lalu berhenti bermeditasi dan melakukan tugas tersebut.
·         Suara tersebut (paling tidak sekali) akan menyakinkan bahwa timer sudah berheti dan sudah meditasi selama berjam-jam dan terlambat untuk mengerjakan sesuatu.
Masukkan meditasi dalam kehidupan sehari-hari
Banyak keterampilan yang dipelajari delam meditasi bisa dilakukan katika mengerjakan tugas sehari-hari. Seperti manunggu antrian, mencuci piring, atau bahkan ketika merasa sedih. Istirahatlah selama 2 menit untuk bernapas beberapa kali dalam sehari.
Ulangi setiap hari

Meditasi adalah keterampilan yang perlu latihan dan lebih banyak latihan. Tetapkan satu waktu dalam sehari dan taati waktu tersebut. Otak akan mendapatkan khasiat dan perjalanan meditasi yang menajubkan ke dalam pikiran sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fungsi Meditasi Untuk Kesehatan Otak

0 comments:

Post a Comment