Thursday, April 23, 2015

Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan

Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan
Penyakit pneumonia merupakan salah satu dari beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Kesehatan bukan hanya sekedar bugar melainkan ditunjang oleh aktivitas dan pengetahuan yang menyehatkan. Oleh karena itu rajin berolahraga dan menjaga pla hidup sehat merupakan hal yang penting dilakukan. Akan tetapi kita juga patut mengenal dan mencegah penyakit mematikan, salah satunya adalah penyaki pneumonia.

Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan
Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan

Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan
Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan

Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan
Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan

Penyakit pneumonia
Pneumonia adalah penyakt infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Paulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi inflame dan terisi oleh cairan. Pneumonia dapat juga disebbakan oleh iritasi kimia ataupun fisik dari paru-paru atau penyakit lain seperti kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alcohol. Namun penyebab yang paling sering adalah serangan bacteria streptococcus pneumonia atau pneumokokus.
Pneumonia acap diderita sebagian besar orang berusia lanjut dan mereka memiliki penyakit kronik sebagai akibat rusaknya sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian penyakit ini dapat menyerang kaum muda yang bertubuh sehat. Saat ini penyakit pneumonia dilaporkan telah menjadi penyakit utama di kalangan anak-anak, begitu pula pada kalangan tua penyakit ini telah menjadi penyakit serius yang mernggut ribuan nyawa.
Terjadinya penyakit pneumonia atau bagaimana virus tersebut tersebar belum dapat diketahui dengan pasti. Namun ada beberapa  hal yang memeungkinkan seseorang berisiko tinggi terserang penyakit pneumonia, diantaranya adalah sebagai berikut.
·         Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, seperti penderita HIV/AIDS dan para penderita penyakt kronik seperti sakit jantung, diabetes mellitus. Begitu pula bagi mereka yang menjalani kemoterapy secara rutin dan meminum obat golongan immunosuppressant dalam waktu lama, mereka pada umumnya memiliki daya tahan tubuh yanga lemah.
·         Perokok berat dapat mengalami iritasi pada saluran pernapasan (bronchial) yang akhirnya menimbulkan secresi mucus (riak/dahak), apabila riak/dahak tersebut mengandung bakteri maka dapat menyebabkan pneumonia. Alcohol dapat berdampak buruk terhadap sel-sel darah putih hal ini menyebabkan lemahnya pada daya tahan tubuh dalam melawan suatu infeksi.
·         Pasien yang berada di ruang perwatan intensif (ICU/ICCU). Pasien yang dilakukan tindakan ventilator (alat bantu nafas) “endortracheal tube” sangat berisiko terkena pneumonia. Saat meraka batuk akan mengeluarkan tekanan balik isi lambung ke kerongkongan bila hal itu mengandung bakteri dan berpindah ke rongga nafas maka akan berpotensi tinggi terkena penyakit ini.
·         Resiko tinggi dihadapi oleh para petani apabila mereka menyemprotkan tanaman dengan zat kimia tanpa menggunakan masker. Akan terjadi iritasi dan menimbulkan peradangan pada paru-paru yang akibatnya mudah menderita penyakit ini.
·         Pasien yang mengalami operasi besar sehingga menyebabkan bermasalah dalam hal mebilitasi beresiko tinggi terkena penyakit pneumonia, yakni tidur berbaring statis memungkinkan riak berkumpul dirongga paru dan menjadi media berkembangnya bakteri.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pneumonia Penyakit Iritasi Pernafasan yang Mematikan

0 comments:

Post a Comment