Thursday, April 23, 2015

.Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas


                                    Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas
Beberapa jenis makanan untuk hiperaktivitas yang sangat diutamakan terutama jenis yang tak mengandung zat aditif. Kesehatan merupakan hasil dari keseimbngan dinamis dalam pola hidup, gaya makan, dan adaptasi terhadap stress. Keutuhan pola hidup manusia berdasarkan keseimbangan tersebut akan membuka rahasia tubuh yang mampu menghadapi lingkungan sekitar. Optimalisasi keterpaduan jaringan tubuh akan lebih mudah tercapai dengan pola makan yang selaras. Merawat tubuh melalui makanan adalah langkah utama untuk membalik proses penuaan dan mencegah terjadinya proses degenerasi. Setelah oksigen, makanan adalah hal yang paling penting, paling berharga, dan alami di dunia ini. Walaupun ini sangat penting tetapi banyak orang yang bingung dan tidak tahu mengenai nutrisi yang tepat bagi mereka terutama ketika tubuh mereka mengalami ganguan.

   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas
   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas

   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas
   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas

   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas
   Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas


Makanan yang diutamakan untuk hiperaktivitas
Dalam menyusun menu makanan untuk hiperaktivitas sangat penting membatasi atau bahkan menghilangkan makanan yang dicurigai dapat memicu hiperaktivitas. Sebaiknya hindari memanfaatkan bajan tambahan makanan seperti MSG, pewarna sintesis, pemanis sintesis, dan bahan pengawet benzoate. Batasi juga pemberian makanan atau minuman yang mungkin mengandung bahan sintesis seperti sirup, mie instan, biscuit, bolu kukus, bahkan es krim. Setelah itu pilihlah bahan-bahan makanan yang dapat membantu mangatasi hiperaktivitas.
·         Pepaya merupakan salah satu makanan untuk hiperaktivitas sebab mengandung betakarotin dan juga berlimpah vitamin C yang diperlukan untuk mengendalikan perilaku hiperaktivitas. Alergi sering dicurigai merupakan salah satu sumber hiperaktivitas akibat mengeluarkan zat tertentu dalam tubuh seperti histamine yang menganggu sistem saraf otak. Vitamin C penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi reaksi tubuh yang berlebihan terhadap adanya sumber energy.
·         Ubi jalar merah juga merupakan makanan untuk hiperaktivitas. Sebab mengandung banyak betakaroten yang merupakan zat gizi antioksidan yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara kesehatan sel-sel otak.
·         Alpukat. Buah dengan rasa gurih ini banyak menyimpakn magnesium. Dalam beberapa penelitian menyebutkan defisiensi magnesium mempermudah tubuh melepas zat histamine dan akibatnya memberikan reaksi alergi berlebihan. Mengkonsumsi makanan kaya magnesium membantu meredakan hiperaktivitas akibat reaksi alergi.
·         Bayam juga termasuk sayuran hijau yang dianjurkan untuk penderita hiperaktivitas, sebab bayam banyak mangandung kuersetin (quercetin). Zat ini mampu mencegah tubuh mengeluarkan sumber zat pemicu alergi ke dalam tubuh, dengan demikian munculnya perilaku hiperaktif dapat dikurangi.
·         Ikan salmon juga merupakan salah satu makanan untuk hiperaktivitas. Ikan berdaging merah ini kaya akan vitamin B5 atau asam pantotenat. Pada anak-anak yang menderita hiperaktivitas, zat asam pantotenant termasuk salah satu zat gizi yang banyak terkuras habis. Defisiensi asam pantotenat dipercaya ikut andil dalam menyembang keparahan perilaku anak untuk menjadi hiperaktif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : .Makanan Baik untuk Anak Penderita Hiperaktivitas

0 comments:

Post a Comment