Wednesday, May 13, 2015

Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker

Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker
Mineran juga merupakan salah satu tanaman obat yang dapat mengobati kanker. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker tersebut akan berkembang dengan sangat cepat, tak terkendali, dan akan terus membelah diri lalu akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Jumlah penderita kanker di Indonesia hingga saat ini belum diketahui secara pasti namun peningkatannya dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah sayu penyebab utama kematian.
Ramuan dari tanaman obat dapat dikonsumsi jika kanker masih dalam stadium dini. Ramuan diminum secara terus-menerus sedikitnya selama tiga bulan dan jika tidak ada perubahan lebih baik konsultasikan dengan dokter. Ramuan untuk mengobati kanker bisa dimimun setelah menjalankan operasi pengangkatan kanker dan menjalani radiasi.
Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker
Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker

Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker
Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker

Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker
Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker



Tanaman obat mineran
Mineran atau Phyllanthus urinaria ini merupakan bagian dari family Euphorbiaceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama mineran merah, mineran ijo atau memeniran untuk daerah Sunda dan gosauma dungi untuk daerah Maluku. Selurih bagian dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat. Tanaman obat ini mengandung damar, tannin, mineral kalium, senyawa flavonoid seperti quercetin, quercitrin, isoquercitrin, astragilin, rutin, dan nirurin. Kandungan lain dalam tanaman obat ini adalah senyawa lignan seperti nirphyllin, phylnirurin, phylninurin, isolintetralin, hypophyllanthin, nitretralin, niranthin, phyllanthin, hinikinin, litetralin, dan juga phyllantostatin. Tanaman obat ini juga berfungsi sebagai antihepatotoksik, diuretin, penambah nafsu makan, antiradang, antiperik atau pereda demam, peluruh dahak, peluruh haid, dan imunistimulator.
Khasiat untuk pengobatan kanker
Senyawa flavonoid yang terkandung dalam mineran berkhasiat sebagia antioksidan dan antineoplastik atau anti kanker. Selain itu, senyawa lignan dalam tumbuhan obat ini juga berkhasiat sebagai antineoplastik atau anti kanker. Tannin yang banyak terdapat dalam tanaman mineran ini dapat menghambat aktivitas enzim polymerase DNA dan virus Epstein Bar yaitu virus yang diduga sebagai penyebab kanker getah bening. Selain berkhasiat sebagai antikanker, tumbuhan ini juga berkhasiat sebagai imunoterapi atau terapi adjuvant mendampingi obat-obatan kanker lainnya.
Ada ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati kanker dengan rimpang temulawak. Bahan-bahannya adalah 10 gram daun sambilito kering, 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram rimpang temu putih, 10 gram rimpang temy mangga, 10 gram ciplukan kering (seluruh bagian tanaman), 10 gram mineran (seluruh bagian tanaman). Cara membuat adalah cuci bersih temulawak, kunyit, temu putih, dan temu mangga lalu parut halus. Campur hasil parutan dengan ciplukan, miran dan daun sambiloto. Rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanaman Mineran yang Bermanfaat Bagi Kanker

0 comments:

Post a Comment