Thursday, April 23, 2015

Makanan Terbaik untuk Anti Lupa

Makanan Terbaik untuk Anti Lupa
Ada beberapa jenis makanan anti lupa yang telah disarankan oleh para ahli bagi orang-orang yang ingin ingatannya tetap terjaga dengan baik. Kesehatan merupakan hasil dari keseimbngan dinamis dalam pola hidup, gaya makan, dan adaptasi terhadap stress. Keutuhan pola hidup manusia berdasarkan keseimbangan tersebut akan membuka rahasia tubuh yang mampu menghadapi lingkungan sekitar. Optimalisasi keterpaduan jaringan tubuh akan lebih mudah tercapai dengan pola makan yang selaras. Merawat tubuh melalui makanan adalah langkah utama untuk membalik proses penuaan dan mencegah terjadinya proses degenerasi. Setelah oksigen, makanan adalah hal yang paling penting, paling berharga, dan alami di dunia ini. Walaupun ini sangat penting tetapi banyak orang yang bingung dan tidak tahu mengenai nutrisi yang tepat bagi mereka terutama ketika tubuh mereka mengalami ganguan.

Makanan Terbaik untuk Anti Lupa
Makanan Terbaik untuk Anti Lupa

Makanan Terbaik untuk Anti Lupa
Makanan Terbaik untuk Anti Lupa


Makanan sebaiknya diutamakan bagi otak pelupa
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengaruh vitamin B kompleks sangat berperan peting bagi perkembangan sel-sel dalam otak manusia. Hal itu pula yang menyebabkan beberapa makanan termasuk dalam makanan anti lupa yang mujarab dan banyak disarankan oleh para ahli gizi.
·         Daun singkong merupakan sayuran yang menjadi makanan anti lupa. Sayuran daun hijau ini relative murah dan kaya akan vitamin B2 atau lebih dikenal dnegan riboflavin. Zat gizi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel otak dan memperlancar distribusi informasi sehingga daya tangkap dan daya tanggap otak tetap baik.
·         Ikan mas juga merupakan makanan anti lupa yang kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 merupakan salah satu anggota kelompok vitamin B kompleks yang mempu memperlambat penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir abstrak non verbal.
·         Hati ayam maupun hati sapi banyak mengandung vitamin B12. Seperti halnya vitamin B6 peranan vitamin B12 pun juga sama yakni membantu mempertahankan kesehatan dan kesegaran sel-sel otak sehingga daya ingat tetap terjaga baik. Diperkirakan bahwa 20 hingga 50 persen penduduk lansia yang berusia lebih dari 55 tahun mengalami perubahan sel permukaan lambung dan fungsi lambung. Kondisi ini menjadikan kemampuan lambung untuk menyerap vitamin B12 menjadi berkurang. Mempertimbangakan hal tersebut, maka kemunduran daya ingat pada lansia lebih memerlukan perhatian pola makan kaya vitamin B12.
·         Tempe juga merupakan salah satu makanan anti lupa yang mudah di dapat di pasaran. Sebagaimana olahan kedelai lainnya seperti susu kedelai dan tahu, tempe pun juga sangat kaya akan zat flavonoid. Zat ini merupakan salah satu antioksidan tangguh yang menghambat kemunduran daya ingat akibat proses penuaan, bahkan hingga membantu memulihkannya. Flovonoid mencegah kerusakan sel akibat serangan dari radikal bebas serta dapat memperlancar aliran darah menuju ke otak.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Terbaik untuk Anti Lupa

0 comments:

Post a Comment