Thursday, April 23, 2015

Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah

Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah
Banyak faktor-faktor yang membuat lelah dari yang besar hingga sangat sederhana. Setiap manusia pasti sangat ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar. Untuk mendapatkan itu semua banyak orang melakukan kegiatan yang berguna bagai tubuh mereka mulai dari berolahraga hingga meminum beberapa suplemen untuk menguatkan tubuh. Sayangnya tak semua usaha-usaha itu membuhakan hasil kadang banyak juga usaha yang membuat dampak buruk terhadap tubuh mereka salah satunya adalah kelelahan. Banyak faktor yang dapat membuat seseorang merasa sangat lelah bahkan faktor-faktor tersebut tergolong hal sederhana namun menimbulkan dampak yang cukup besar. Mungkin banyak yang tidak menduga bahwa faktoe-faktor seperti olehraga yang berlebihan dapat menguras energy dan membuat seseorang merasa sangat lelah.

Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah
Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah

Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah
Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah


Faktor-faktor sederhana yang membuat lelah
·         Dehidrasi
Faktor yang membuat lelah pertama adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi berat hingga dehidarasi yang biasa-biasa saja dapat membuat pikiran seseorang menjadi melambat dan dapat mengganggu konsentrasi seseorang. Hal tersebut dapat menimbulkan kepala pusing dan sulit untuk berpikir, dan untuk mengatasinya usahakan seseorang meminum satu hingga dua gelas air putih untuk meringankan kerugian akibat dehidrasi.
·         Smartphone
Smartphone merupakan faktor membuat lelah selanjutnya, seseorang yang sebelum tidur menyempatkan diri untuk menyecek smartphone akan meningkatkan aktivitas otak mereka dan membuat mereka sulit untuk dapat tidur. Selain itu pancaran sinar dari smartphone dapat menekan hormone tidur melatonin. Cara untuk menanggulanginya adalah sebaiknya mematikan peralatan ini sebelum beranjak untuk tidur.
·         Obat-obatan
Faktor membuat lelah berikutnya adalah obat-obatan, tak sedikit obat yang membuat para pengkonsumsinya merasa terkuras energinya. Salah satu contoh nyatanya adalah beta blocker tertentu yang dapat menurunkan migraine atau dapat mengobati tekanan darah tinggi. Jika setelah meminum obat dan merasa lebih lelah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan minta untuk mengganti jenis obat yang akan dipakai.
·         Olahraga yang berlebihan
Faktor selanjutnya adalah olahraga yang terlalu berlebihan. Olahraga memeng dianjurkan untuk semua orang dan semua tingkat umur sebab dengan berolahraga dapat menghilangkan hormone stress yaitu cortisol. Namun segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh manusia termasuk dalam hal ini berolahraga yang terus menerus dalam waktu yang lama seperti lari secara teratur lebih dari 30 menit dengan kecepatan yang sama maka akan meningkatkan produksi hormone cortisol.
·         Kadar zat besi rendah

Zat besi merupakan mineral yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan sampah dari sel-sel. Jika seseorang tidak mendapatkan sekitar 18 mg zat besi dalam sehari bisa dipastikan bahwa fungi tubuh tidak berkerja dengan maksimal dan membuat seseorang tersebut mudah untuk lelah. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Faktor Sederhana yang Membuat Mudah Lelah

0 comments:

Post a Comment