Thursday, April 23, 2015

Bahayanya Penyakit Kanker

Bahayanya Penyakit Kanker
Kanker salah satu dari beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Kesehatan bukan hanya sekedar bugar melainkan ditunjang oleh aktivitas dan pengetahuan yang menyehatkan. Oleh karena itu rajin berolahraga dan menjaga pla hidup sehat merupakan hal yang penting dilakukan. Akan tetapi kita juga patut mengenal dan mencegah penyakit mematikan, salah satunya adalah kanker.

Bahayanya Penyakit Kanker
Bahayanya Penyakit Kanker

Bahayanya Penyakit Kanker
Bahayanya Penyakit Kanker

Bahayanya Penyakit Kanker
Bahayanya Penyakit Kanker




Penyakit kanker
Setiap orang mempunyai sel kanker di dalam tubuhnya, hanya saja sel-sel kanker ini tidak terlihat dalam tes standar hingga mereka berkembang biak menjadi bermiliar-miliar. Ketika dokter mengatakan kepada pasien kanker bahwa tidak ada lagi sel kanker di tubuh mereka setelah perawatan, itu berarti bahwa tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena sel kanker tersebut tidak sampai pada jumlah yang dapat diprediksi. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa diagnosis kanker di seluruh dunia diperkirakan akan menemukan 12 juta penderita tiap tahunnya. Sedangkan kematian akibat kanker secara global akan mencapai tujuh juta. Tren penyakit ini akan meningkat dua kali lipat dan lebih mematikan pada tahun 2030, kemungkinan 75 juta penderita di seluruh dunia.
Kanker merupakan penyebab kematian kedua untuk orang dewasa di belahan Barat dan merupakan salah satu penyebab utama kematian anak-anak yang berumur 1 hingga 14 tahun. Meskipun demikian penyakit ini jarang menyerang orang muda. Di Inggris kanker menyarang kira-kira 1 dari 650 anak-anak. Laju kematian sesuai umur per 100.000 jumlah penduduk dari semua penderita kanker laki-laki adalah 246, 5 di Hungaria (tertinggi) sedangkan di Meksiko laju ini hanya mencapai 83,5 (terendah). Untuk perempuan lajunya adalah 139,8 di Denmark dan 62, 3 di Mauritus. Kanker yang banyak menimbulkan korban di Eropa dan Amerika adalah kanker paru-paru, usus besar (kolorektar), payudara, prostat, dan juga perut. Jika digabungkan setengah dari seluruh jumlah kematian akibat kanker disebabkan oleh kanker jenis ini. Selain itu ada juga kanker kulit yang paling umum di banyak Negara Barat seperti Amerika dan Inggris, untungnya kanker ini tidak berakibat fatal kecuali melanoma maligna yang jarang ditemuai.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menhindari kanker.
·         Kurangi lemak dalam makanan.
·         Labih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur, buah-buahan.
·         Lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan beta karoten seperti wortel, bayam, buah-buahan yang berwarna jingga.
·         Kurangi rokok dan makanan yang diawetkan, diasin, dan diasap baik daging maupun ikan.
·         Hindari sinar matahari dengan memakai topi dan lotion pelindung matahari.
·         Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
·         Hindari alcohol.
·         Perhatian adanya perubahan yang mencurigakan di tubuh seperti adanya benjolan di payudara, di kulit atau adanya perubahan tahi lalat atau warna kulit, diare atau sembelit yang berkepanjangan dan lain-lain.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahayanya Penyakit Kanker

0 comments:

Post a Comment